nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kencan Sehari Bersama DFSK Glory 560 Libas Jalur Jakarta-Cianjur

Mufrod, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 13:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 19 52 2093784 kencan-sehari-bersama-dfsk-glory-560-libas-jalur-jakarta-cianjur-vpWR4yoM0G.jpg DFSK Glory 560 (foto: Medikantyo/Okezone)

JAKARTA - Sebagai produk SUV terbaru yang mengusung mesin kapasitas kecil dengan perangkat turbo, Glory 560 hadir sebagai SUV andalan terbaru dari PT Sokonindo Automobile untuk pasar otomotif nasional. Lantas seperti apa keunggulan produk asal negeri Tiongkok yang diproduksi di Indonesia ini?

Dalam kesempatan khusus, Okezone.com mendapat kesempatan untuk mengetahui ketangguhan serta keunggulan dari DFSK Glory 560 secara dekat. Perjalanan dari Jakarta hingga Cianjur sejauh 108 kilometer menjadi rute yang dipilih untuk mengenal lebih dekat Glory 560. Karakter jalan bebas hambatan yang cukup panjang dari Jakarta menuju Ciawi, Jawa Barat menjadi pembuktian ketangguhan dari mesin berkapasitas 1.5 liter.

 Glory 560

Perjalanan yang dimulai dari kawasan Jakarta Timur, Glory 560 langsung diarahkan ke jalan bebas hambatan Jagorawi menuju arah Bogor, Jawa Barat. Pagi hari dengan kondisi jalan lengang, tenaga mesin Glory 560 terbilang cukup galak, di setiap putaran mesinnya. Hal ini terbilang wajar mengingat tenaga putaran bawah Glory 560 mencapai 230 Nm, serta didukung dengan tenaga putaran atas yang mencapai 148 Hp.

 Glory 560

Karenanya untuk mendapatkan momentum kecepatan diputaran bawah ke atas, pedal gas tidak perlu dibejek terlalu dalam. Inilah fungsi perangkat turbo yang dapat menyokong kebutuhan tenaga dari putaran bawah ke atas menjadi konstan dan lebih bertenaga.

 

Menggunakan Glory 560 tipe L, setiap tenaga yang dikeluarkan mesin Glory 560 melalui transmisi CVT terasa sangat smooth tanpa dirasa getaran ataupun jeda yang cukup lama disetiap putaran mesinnya. Saking halusnya penyaluran tenaga yang sangat halus, tanpa disadari kecepatan mobil tanpa disadari pengemudi telah mencapai kecepatan 140 kilometer per jam.

Hal yang diluar perkiraan, saat mobil mencapai kecepatan 140 kilometer per jam, Glory 560 terbilang cukup anteng. Tak ada kesan limbung maupun mobil melayang saat di jalan bebas hambatan. Hal ini memperkuat sistem suspensi model Five-link coil spring yang digunakan Glory 560 terbilang sangat mumpuni memberi peredam guncangan yang maksimal tanpa efek limbung maupun melayang.

 

Sebagai catatan suspensi five-link Coil spring merupakan perangkat suspensi yang banyak digunakan di kendaraan merek-merek premium, yang dikenal handal dalam berbagai medan jalan dan berbagai kontur jalan.

 

Puas melibas jalan bebas hambatan, memasuki kawasan Ciawi, Puncak, kemacetan kecil terjadi diantara ruas jalan simpang. Hal ini membuat antrian mobil di kontur jalan menanjak tak dapat dielakkan. Beruntung dengan teknologi Hill Hold Control (HHC) yang bisa menjaga mobil di posisi tanjakan, tak membuat pengemudi lelah dalam menyesuaikan stop and go di kondisi macet.

Makin memasuki kawasan puncak pass, karakter jalan menanjak dan tikungan tajam menyambut perjalanan Glory menuju Cianjur. Untuk mendukung pengendalian yang tetap mantap dalam melahap jalur tersebut, pengemudi bisa mempercayakan kelincahan Glory 560 dengan teknologi Electronic Stability Control (ESP) dan Traction Control System (TCS) yang menjaga kestabilan mobil ketika menikung.

 

Untuk menempuh jarak 108 kilometer dari Jakarta ke Cianjur yang memakan waktu sekira dua jam perjalanan. Secara keseluruhan, Glory 560 mampu membuktikan dirinya sebagai SUV yang handal, baik pada jalan bebas hambatan, jalan menanjak dan jalan dengan tikungan tajam. Seluruh kontur jalan tersebut dengan mulis mampu dilibas Glory 560 hingga ketempat tujuan di Cianjur.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini