nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Jalan Sendiri, Bajaj Gandeng Produsen KTM Kembangkan Motor Listrik

Ilham Satria Fikriansyah, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 14:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 19 53 2093821 tak-jalan-sendiri-bajaj-gandeng-produsen-ktm-kembangkan-motor-listrik-ItRd0HHyZ1.jpg Bajaj Urbanite (Foto: Ist)

NEW DELHI - Trend pengembangan kendaraan listrik membuat produsen Bajaj melakukan pengembangan bersama KTM. Direktur Eksekutif Bajaj, Rakesh Sharma menyatakan bahwa Perusahaannya sedang melakukan hubungan kerjasama dengan Perusahaan Motor asal Austria, KTM.

Dilansir dari rushlane.com pada Senin (19/08), model yang akan dikembangkannya sendiri merupakan motor listrik premium yang dikhususkan bagi kalangan menengah ke atas.  Hingga sekarang hanya Dominar 400 yang dimiliki oleh Bajaj sebagai model high end yang dipasarkan saat ini.

 Bajaj Dominor

Pihak perusahaan Bajaj belum memutuskan untuk melanjutkan proyek sepeda motor premium atau tidak. Namun pihak KTM dipastikan akan memiliki motor listrik premium dalam beberapa waktu kedepan.

Sementara itu pihak Bajaj juga sedang mengerjakan skuter listrik yang kemungkinan mengadopsi dari Urbanite. Kemungkinan Urbanite elektrik akan diluncurkan pada tahun depan.

 Bajaj Urbanite

Diperkirakan motor listrik Bajaj-KTM premium memiliki maksimal kecepatan hingga 100km/jam dengan jangkauan lebih dari 200 km. Jika kedua Perusahaan tersebut memutuskan untuk membuat versi sepeda motor listriknya masing-masing, maka dipastikan keduanya memiliki pangsa pasar yang berbeda. Bajaj akan mengeluarkan sepeda motor listrik yang lebih terjangkau dan dibawah dari motor listrik yang dikeluarkan oleh KTM.

Kedua merk motor tersebut sedang mengembangkan rangkaian tenaga mesin menggunakan listrik untuk varian baru pada sepeda motor. Sementara sebagian perusahaan motor baru fokus pada pengembangan skuter listrik.

Perusahaan seperti Emflux, Ultraviolette dan Tork Motors saat ini sedang melakukan pengembangan terhadap motor listrik yang diprediksi memiliki tenaga tinggi dengan maksimal kecepatan hingga 100 km/jam.

 

Sementara itu perusahaan motor asal Amerika Serikat, Harley Davidson Livewire siap menjadikannya motor listrik premium pertama yang diluncurkan di negara India. Motor ini menawarkan kecepatan hingga 153 km/jam dan memiliki jangkauan yang diklaim hingga 234 km.

Jika Harley Davidson mendapatkan izin untuk menjual sepeda motor listriknya, maka Perusahaan Bajaj kemungkinan besar baru siap untuk meluncurkan motor listriknya sekitar dua tahun yang akan datang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini