nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Mobil Pertama yang Berhasil Mengorbit di Matahari

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 14:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 20 52 2094263 ini-mobil-pertama-yang-berhasil-mengorbit-di-matahari-oUfOor9kX8.jpg Tesla roadster mengorbit di Matahari (foto: Ist)

LOS ANGELES - Elon Musk mewujudkan proyek pengiriman mobil keluaran perusahaannya, Tesla Roadster pada Februari 2018 lalu. Dalam kendaraan tersebut, Musk melengkapinya dengan manekin berpakaian astronaut yang diberi julukan Starman, serta beberapa asesoris dan rekaman lagu milik David Bowie.

Setelah melalui durasi selama 550 hari mengangkasa, Roadster tersebut menciptakan sejarah sebagai mobil pertama yang sukses melintasi orbit mengitari matahari. Hal tersebut dilakukannya, tidak sebagai kendaraan yang terikat atau melintas pada permukaan planet seperti Bumi.

 mobil tesla roadster jelajah matahari

Kendaraan tersebut mungkin juga memecahkan jarak terjauh perjalanan sebagai sebuah mobil produksi. Secara teknis, Tesla Roadster produksi 2008 itu sudah menempuh perjalanan sekitar 1.227.929.472 kilometer sejak pertama kali berada di luar angkasa.

 Tesla Roadster mengorbit matahari

Tesla Roadster ini dilaporkan oleh laman Observer, sedang berada pada jarak sekitar 300 juta kilometer dari bumi. Mobil itu diperkirakan tengah melaju dengan kecepatan 1590 km/jam dan memiliki kemungkinan mendekati orbit planet bumi dalam kurun setiap 30 tahun.

 

Model tesebut sejatinya merupakan lini kendaraan keluaran Tesla generasi awal. Menggunakan paket baterai dengan daya 53 kWh untuk memberi tenaga pada empat motor listrik berkekuatan maksimal hingga 248 hp. Produksi mobil dengan kecepatan maksimal 201 km/jam di jalan raya itu, berakhir pada 2012 lalu.

(muf)

Berita Terkait

Tesla

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini