nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penggunaan Komponen Lokal 35% di Mobil Listrik, Ini Kata DFSK

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 22:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 20 52 2094504 penggunaan-komponen-lokal-35-di-mobil-listrik-ini-kata-dfsk-86Uk87lyy3.jpg Mobil listrik buatan anak bangsa (foto: Ist)

JAKARTA - Tercantum syarat kandungan komponen lokal pada kendaraan listrik, dalam Peraturan Presiden (Perpres) perihal mobil listrik. Hal ini disikapi sebagai proyeksi yang cukup baik, menurut produsen Dongfeng Sokon (DFSK).

Mereka tidak mempermasalahkan keharusan untuk menggunakan sebanyak 35 persen komponen lokal pada setahun hingga dua tahun awal penerapan Perpres itu. "Saya memahami dari penerjemahan tim bahwa memasuki tahun ketiga ada keharusan memakai 40 persen kandungan lokal," ujar Sales and Marketing Director Sales Centre PT Sokonindo Automobile, Alex Pan

 Mobil Listrik

Secara bertahap nantinya diharapkan penambahan komposisi menuju 60 persen terjadi selepas tahun keempat hingga 10 tahun setelah peraturan itu resmi berjalan. Sehingga pengembangan mobil listrik bisa sepenuhnya, atau 100 persen, mobil listrik dapat memakai komponen buatan lokal.

 Mobil Listrik

DFSK memahami keinginan pemerintah agar teknologi mobil listrik bisa terwujud secara massal. Namun, dukungan penuh kepada produsen wajib muncul secara beriringan. "Dari kebijakan ini kami menanti insentif dari pemerintah terkait proses produksi mobil listrik di masa mendatang," ujar Alex.

Perpres percepatan elektrifikasi kendaraan memang memberi kemudahan, dari berbagai segi pendukung berjalannya kegiatan maupun penjualan mobil listrik di Indonesia. Terlebih kepada produsen atau agen pemegang merk (APM) yang berkomitmen penuh membangun ekosistem mobil listrik di Indonesia.

 Mobil listrik

Berbagai penawaran berupa kemudahan untuk terwujudnya era elektrifikasi kendaraan listrik di Indonesia, sudah memberi produsen seperti DFSK gambaran jelas. "Salah satunya bagaimana penghitungan awal item yang kena pajak dari kegiatan produksi tersebut," ucap Alex.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini