nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tokyo Motor Show 2019, Perdana Lexus Pamer Mobil Listrik

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 10:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 22 52 2095146 tokyo-motor-show-2019-perdana-lexus-pamer-mobil-listrik-2qEWoPhejn.jpg Ilustrasi Produk Lexus, RX (Foto: Ist)

TOKYO - Era baru elektrifikasi kendaraan sudah akan dimulai bagi Lexus, dengan rencana penampilan model konsep pertama mereka di Tokyo Motor Show, Oktober nanti. Mobi itu akan menjadi rilisan perdana dari Lexus yang sepenuhnya mengambil tenaga dari paket baterai.

Berdasarkan lansiran dari laman Autocar, Lexus menawarkan konsep mobil perkotaan serupa hatchback dengan tampilan lebih futuristik dibanding lini produk mereka selama 2019. "Masa depan kami sepertinya tertuang pada desain kendaraan ini," ujar Vice President Lexus, Koji Sato.

Detail mengenai persiapan produksi dan spesifikasi teknis kendaraan tersebut belum akan diungkapkan oleh Lexus dalam waktu dekat. Namun, produsen asal Jepang tersebut sudah berkomitmen melakukan pengembangan dan penawaran varian terelektrifikasi pada lini kendaraan mereka memasuki 2025 nanti.

 Ilustrasi Tokyo Motor Show

Hal tersebut juga beriring dengan kesepakatan bersama dengan induk perusahaan mereka, Toyota. Sasarannya, dalam jangka waktu lima tahun mendatang keduanya sudah mampu menawarkan 10 model kendaraan terelektrifikasi kepada konsumen secara global.

Lexus sudah berancang-ancang menyiapkan teknologi terutama pada motor penggerak utama bagi mobil listriknya di masa depan. Bahkan, terdapat ambisi besar mempunyai teknologi motor penggerak yang terpasang secara terpisah pada tiap roda kendaraan listrik tersebut.

Mereka memiliki alasan serta pandangan tersendiri mengenai penempatan teknologi tersebut, serta telah mengucurkan dana besar dalam pengembangannya. "Ada bayangan bahwa keempat motor penggerak independen pada tiap roda dapat memberi agilitas, stabilitas, serta sensasi kendara baru," ujar Sato menjelaskan.

Penelitian dengan fokus pada teknologi tersebut disebutnya akan memakan waktu yang tidak sebentar. Di saat bersamaan, Lexus melanjutkan program elektrifikasi alternatif agar tidak bergantung pada pengembangan motor listrik. "Teknologi hybrid adalah inti dari prinsip elektrifikasi dalam perusahaan kami," ucap Sato.

 Lexus RX

Dasar pengembangan tersebut menjadi modal penting bagi Lexus untuk merancang sistem elektrifikasi berbeda pada motor penggerak di masa depan. "Keahlian kami terkait teknologi kendali listrik dan paket baterai dapat diterapkan pada model powertrain berbeda, termasuk fuel cell," kata Sato menjelaskan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini