Miliki Banderol Selangit, Mobil Porsche Bekas Tentara Nazi Gagal Terjual

Ilham Satria Fikriansyah, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 22 52 2095354 miliki-banderol-selangit-mobil-porsche-bekas-tentara-nazi-gagal-terjual-ccd2K43lQT.jpg Mobil Porsche klasik bekas tentara Nazi (foto: Carscoops)

CALIFORNIA - Pada akhir pekan lalu, mobil Porsche dengan tipe 64 akan dilelang pada sebuah acara di California, Amerika Serikat.

Namun para kolektor mobil merasa kecewa atas harga awal yang ditawarkan pada acara lelang tersebut. Pasalnya, mobil tersebut dipatok dengan harga awal sebesar USD30 juta atau sekitar Rp430 Miliar. Harga itu naik dua kali lipat dari harga sebelumnya.

 Porsche Nazi

Mobil keluaran Perusahaan asal Jerman ini merupakan tipe 64 yang dirancang oleh Ferdinand Porsche pada tahun 1939. Mobil ini diberikan sebagai komisi kepada National Scoialist Motors Corps, yaitu sebuah organisasi paramiliter dari Partai Nazi.

Mobil Porsche Tipe 64 dikenal sebagai mobil Porsche tertua saat ini yang masih ada di dunia. Bahkan mobil ini memiliki logo Porsche yang ikonik pada kap depannya.

 Porsche Nazi

Mobil ini direncanakan akan mengikuti lomba dari kota Berlin menuju Roma dalam rangka memperingati Pakta Baja, yaitu merupakan sebuah aliansi militer dan politik antara Nazi Jerman dengan Italia.

Pada acara lelang tesebut mobil ini diperkirakan akan dijual dengan harga awal sekitar USD20 Juta atau seharga Rp285 Miliar, tetapi ketika lelang dibuka harga tersebut melonjak naik dengan harga awal USD30 Juta atau setara Rp430 Miliar.

Bahkan penawaran pada mobil klasik ini kemudian meningkat drastis menjadi USD70 Juta atau sekitar Rp1 Triliun. Harga fantastis ini menyebabkan para penawar merasa kecewa dan kesal akan harga yang ditawarkan oleh penyelenggara lelang tersebut.

 Porsche Nazi

"Ketika penawaran akan dibuka pada mobil Porsche Tipe 64, harga yang ditawarkan mengalami kenaikan yang signifikan saat ditampilkan pada layar. Hal ini menyebabkan para penawar merasa bingung dan kecewa akan hal itu." ujar juru bicara lelang Sotheby yang dilansir dari thesun.co.uk pada Kamis (22/08).

Untuk diketahui, mobil dari film terkenal James Bond yaitu Aston Martin DB5 berhasil dijual dengan harga yang mencapai Rp90 Miliar pada acara lelang yang diselenggarakan minggu lalu.

 Porsche Nazi

Sementara sebuah mobil Ford Mustang yang dikendarai oleh Steve McQueen pada film Bullitt, diperkirakan akan dijual dalam lelang dengan harga sekitar 1,6 juta pundsterling atau sekitar Rp28 Miliar saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini