nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Volkswagen Bantah Telah Akuisisi Tesla

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 09:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 23 52 2095572 volkswagen-bantah-telah-akuisisi-tesla-J3gso1c1De.jpg Volkswagen (foto: Ist)

BERLIN - Secara tidak terduga, berkembang isu mengenai potensi Volkswagen melakukan akuisisi pada produsen mobil listrik, Tesla. Topik tersebut pertama kali menguat dengan kabar ketertarikan CEO Volkswagen Group, Herbert Diess, pada teknologi pengembangan mobil listrik Tesla.

Perkiraan dana yang dibutuhkan setidaknya untuk melakukan akuisisi tersebut diperkirakan mencapai USD30 miliar. Namun, dalam sebuah pernyataan pada Kamis (22/8/2019), juru bicara Volkswagen menepis hal tersebut.

 Volkswagen

Mereka menyebut isu serta kabar yang berkembang tidak memiliki dasar yang cukup kuat. Hal itu merujuk pada tulisan di sebuah majalah Jerman dengan menyebut salah seorang manajer mengetahui niatan Diess untuk dapat membeli Tesla. "Itu sepenuhnya merupakan spekulasi serta tidak dapat dipertanggungjawabkan," ujar juru bicara Volkswagen.

 volkswage

Volkswagen memang sedang melakukan pengembangan secara bertahap terkait teknologi mobil listrik. Dalam waktu dekat, mereka akan memperkenalkan mobil dengan sumber tenaga paket baterai penuh seperti D.3 dan ID. Crozz, yang akan berlanjut dengan kehadiran seri ID lain.

Sayangnya mereka belum memiliki keunggulan dalam hal piranti lunak dan penerapan teknologi paket baterai. Kedua poin tersebut merupakan sebuah keunggulan yang ditengarai menjadi daya tarik Tesla bagi banyak perusahaan besar untuk meminangnya.

 Volkswagen

Perbedaan mencolok pada modul teknologi baterai misalnya terjadi antara Volkswagen dengan Tesla. VW memilih jalan menggunakan paket modular baterai dengan sel prismatik hasil penelitian sendiri. Sementara, Tesla mendapatkan dukungan baterai dengan sel silinder secara ekslusif dari Panasonic.

Hal serupa juga terjadi pada pengembangan serta kapasitas produksi motor listrik, terlepas dari kepemilikan fasilitas pabrik dan tenaga riset Tesla. Produsen asal Kalifornia, Amerika Serikat itu saat ini memiliki lima model mobil listrik dalam lini produk mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini