nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Model Mercedes-Benz Terlama yang Pernah Digunakan Presiden Republik Indonesia

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 16:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 23 52 2095717 model-mercedes-benz-terlama-yang-pernah-digunakan-presiden-republik-indonesia-BgoqC2pvWG.jpg Mobil kepresidenan (foto: Ist)

JAKARTA - Kabar terkait rencana Sekretaris Negara yang akan mengganti mobil dinas Presiden Jokowi, langsung mencuatkan berbagai informasi terkait mobil kepresidenan. Di Indonesia sendiri, merek Mercedes-Benz menjadi mobil paling favorit dipiliha untuk keamanan kepala negara, lantas model Mercedes-Benz apa yang paling lama digunakan?

Berdasarkan data yang dihimpun Okezone, Mercedes-Benz S600 produksi 1994 yang paling lama digunakan oleh kepala negara di Indonesia. Hal tersebut diketahui berdasarkan pergantian kepala negara di Indonesia yang menggunakan model Mercedes-Benz S600.

 Mobil kepresidenan

Jika dihitung berdasarkan jumlah presiden yang menggunakan mobil ini, Mercedes-Benz S600 keluaran 1994 jadi unit terawet yang berada dalam garasi istana Kepresidenan. Mobil itu dipakai oleh era Presiden BJ Habibie, KH Abdurrahman Wahid, serta Megawati Soekarnoputri.

 Mobil Kepresidenan

Model Mercedes Benz S600 tersebut digunakan oleh tiga kepala negara sekaligus dan memposisikan mobil ini sebagai kendaraan paling lama berdasarkan jumlah presiden yang tengah menjabat bukan pada lama jabatannya melainkan jumlah Orangnya.

Kelengkapan keamanan seperti lapisan kaca tahan peluru serta sensor keamanan juga masih menyertai salah satu tipe kendaraan RI 1 itu. Namun, peningkatan terletak pada performa meson M120 V12 kapasitas 6 L yang membuatnya sanggup melaju hingga 288 km/jam.

 Mobil Presiden

Mobil Kepresidenan baru berganti pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dimana model Mercedes-Benz S600L. Kendaraan tersebut memakai mesin biturbo V12 berkapasitas 5.5 L yang berkekuatan hingga 517 hp. Kecepatan maksimalnya dapat menyentuh 250 km/jam.

 Mobil Presiden

Hal yang patut menjadi perhatian adalah hadirnya fitur resistensi senjata berkelas B6/B7 Eropa. Hal tersebut memiliki arti kemampuan mobil untuk menahan serangan senjata serbu ringan serta pengamanan terhadap perangkat ledakan sekelas granat tangan. Juga termasuk, adanya sistem pemadam api dalam kabin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini