nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Toyota Crown Resmi Jadi Mobil Baru Menteri Kabinet Jokowi

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 17:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 23 52 2095789 toyota-crown-resmi-jadi-mobil-baru-menteri-kabinet-jokowi-jqBFOcQaVj.jpg Toyota Crown 2.5 HV (foto: Ist)

JAKARTA - Toyota Crown akhirnya kembali menjadi kendaraan dinas baru bagi para Menteri yang akan dipilih Presiden Jokowi. Model yang akan menjadi kendaraan dinas pembantu khusus para Presiden ini merupakan Toyota Crown 2.5 HV G-Executive.

Keputusan tersebut diketahui dari keterangan resmi yang dikeluarkan Kementerian Sekretaris Negara yang mengungkap pengadaan mobil baru melalui cara lelang, dimenangkan oleh PT Astra International Tbk-TSO, sebagai perusahaan yang akan ditunjuk untuk memenuhi kebutuhan mobil dinas para menteri.

 Mobil Menteri Jokowi

Dalam keterangan resmi yang ditandatangani langsung oleh Asdep Humas Kemensetneg, Eddy C Sugiarto menerangkan, pengadaan mobil bagi Presiden dan Wakil Presiden, serta jajaran Menteri dan setingkatnya menjadi bagian dari tugas Sekretariat Negara untuk bertanggung jawab mengelola sarana mobilitas Presiden dan Wakil Presiden serta memberikan dukungan prasarana dan sarana untuk pejabat negara tertentu.

 Mobil Menteri Jokowi

Dukungan yang prima tersebut diwujudkan melalui penggantian sarana mobilitas Kepresidenan yang sangat vital, yakni kendaraan keras VVIP Kepresidenan yang menjadi kebutuhan pada tahun 2019 ini. dan kendaraan untuk para Anggota Kabinet dan Pejabat Setingkat Menteri Ketua Wakil Ketua MPR, DPR dan DPD, Mantan Presiden, serta Mantan Wakil Presiden.

Kendaraan yang saat ini digunakan sebagai kendaraan keras VVIP Kepresidenan (Tahun Pembuatan 2008 dan 2009) dan para Menteri Anggota Kabinet Kerja, Pejabat Setingkat Menteri, Pimpinan Lembaga Negara, Mantan Presiden dan Mantan Waki Presiden (Tahun Pembuatan 2005 dan 2009). mayoritas teah berusia lebih dari 10 Tahun, berdasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan dan efisiensi atas biaya pemeliharaan yang semakin mahal karena usia pemakaian, perlu dilakukan penggantian.

 Mobil Menteri Jokowi

Sesuai dengan anggaran yang tersedia, pada tahun 2019 Kementerian Sekretariat Negara mengadakan kendaraan keras VVIP Kepresidenan sebanyak 2 (dua) unit melalui Sistem Penunjukan Langsung, mengingat di peruntukkan bagi pengamanan Presiden dan Wakil Presiden, dan sebanyak 101 (seratus satu) unit kendaraan bagi Anggota Kabinet 2019 2024, dan Pejabat Setingkat Menteri, Ketua wakil Ketua MPR, DPR dan DPD, Mantan Presiden, serta Mantan Wakil Presiden melalui Sistem Tender Umum.

Alokasi anggaran pengadaan kerdaraan tersebut sebagaimana yang tercantum dalam DIPA 2019 Kemensetneg, juga telah melalui pembahasan dan mendapatkan persetujuan DPR sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2019.

 Mobil Menteri Jokowi

Dengan demikian, resmi Toyota Crown dengan tipe tertingginya akan menjadi kendaraan baru yang dipilih oleh pemerintah sebagai kendaraan operasional yang akan digunakan oleh para menteri dan pejabat tinggi negara lain setingkat menteri.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini