nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Ini Diproduksi Menggunakan Sampah Daur Ulang

Ilham Satria Fikriansyah, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 19:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 23 52 2095853 mobil-ini-diproduksi-menggunakan-sampah-daur-ulang-8VkF1KNuzA.jpg Mobil dengan bahan menggunakan plastik daur ulang (Foto: Indiatimes)

MILAN - Banyak berbagai cara yang dilakukan oleh manusia dalam mengolah limbah sampah. Hal ini dilakukan agar mengurangi populasi sampah yang semakin banyak dan menyebabkan pencemaran.

Salah satu cara yang unik dalam mengelola limbah sampah daur ulang adalah dengan menjadikannya bagian pada komponen mobil.

 Mobil plastik

Terobosan unik ini pertama kali dipresentasikan oleh Designer dalam ajang Milan Fashion Week. Mobil daur ulang ini digagas oleh Mandalaki Studio, ia menciptakan mobil Biro O2, yaitu sebuah mobil listrik yang hampir seluruhnya menggunakan bahan dari daur ulang plastik. Mereka melakukan kerja sama dengan perusahaan mobil asal Italia, Estrima.

 Mobil Plastik

Mobil ini ditampilkan pertama kali di Rossana Orlandi gallery sebagai bentuk hadiah untuk galeri tersebut. Uniknya, 80 persen mobil ini dibuat dengan menggunakan plastik daur ulang.

Konsep mobil daur ulang ini didasari oleh mobil Biro asli. Kendaraan yang bertenagakan listrik ini dirancang sebagai mobil dalam kota (city car) dengan baterai mobil yang bisa dilepas.

Sampah yang digunakan dalam pembuatan mobil Biro O2 ini berasal dari limbah yang berada di jalanan ataupun papan nama yang tidak terpakai. Hal ini bertujuan untuk membuat bagian struktural kendaraan pada bagian depan dan belakang serta pada pintu belakang.

 Mobil listrik plastik limbah

Sementara beberapa bagian dalam mobil ini seperti pintu, kursi dan takometer tidak menggunakan bahan daur ulang sampah.

Mobil Biro O2 ini mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 65 km/jam dan baterai pada mobil ini dapat menempuh jarak hingga 100 km dengan sekali pengisian daya.

 Mobil listrik plastik limbah

Kerjasama yang dilakukan oleh Mandalaki studio dan Estrima tidak berhenti sampai disini. Mereka sedang merencanakan akan membuat mobil yang 100 persen menggunakan bahan daur ulang pada tahun depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini