Tak Lagi Menggoda, Tipe Sedan Punya Konsumen Loyal

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 24 52 2096096 tak-lagi-menggoda-tipe-sedan-punya-konsumen-loyal-U8jQgqPjBQ.jpg Ilustrasi Mobil Sedan di Dealer Mobil Bekas (Foto: Medikantyo/Okezone)

JAKARTA - Secara umum kendaraan tipe sedan menjadi rujukan utama bagi penggemar mobil dalam mencari kenyamanan berkendara. Kesan mewah berdampingan dengan fitur interior yang memanjakan penunpang kerap membuatnya jadi standar tinggi kendaaraan pribadi.

Belakangan kesan tersebut tidak terlalu menggoda bagi banyak konsumen, terlebih bagi masyarakat yang mementingkan fungsionalitas kendaraan. Kondisi lingkungan perkotaan tak lagi jadi tempat menyenangkan untuk pengemudi sedan, terlebih dengan banyaknya hambatan seperti kondisi jalanan dan potensi gangguan cuaca.

 dealer mobil bekas

Hal tersebut diungkapkan oleh pengamat mobil bekas, Herjanto Kosasih. Menurunya minat konsumen untuk melirik varian sedan belakangan terjadi karena beberapa faktor. "Terutama mengingat ketakutan mereka melihat jarak kendaraan dengan tanah yang rendah. Sehingga, takut jika harus menghadapi situasi seperti banjir," ujarnya.

Pertimbangan konsumen tersebut dilihat sebagai hal yang cukup wajar, walaupun tidak dapat dipungkiri memiliki sedan adalah sebuah pengalaman yang berbeda. "Bagi mereka yang benar-benar menggemari atau membeli mobil untuk mengemudi sendirian, sedan bekas sekalipun sudah sangat memadai," ujar Herjanto saat ditemui Okezone Otomotif.

Performa mesin yang memiliki kapasitas dan tenaga cukup besar didukung dengan sistem suspensi mumpuni, membuat sebuah sedan menawarkan pengalaman mengemudi impresif. Hal itu bisa dirasakan oleh pengendara maupun saat membawa penumpang dalam kabin.

 Pengamat pasar mobil bekas

Tidak mengherankan jika konsumen sedan biasanya merupakan kalangan loyal terhadap varian mobil ini. Ditambah dengan hadirnya sejumlah komunitas dengan sesama pemilik kendaraan sedan baik keluaran Jepang, Amerika, atau Eropa. "Informasi mengenai barang serta perputarannya cukup menonjol dalam komunitas itu," kata Herjanto menambahkan.

Saat ini rentang harga yang ditawarkan oleh penjual mobil bekas untuk produk sedan berada pada kisaran yang dapat dijangkau oleh konsumen. "Sedan keluaran Jepang saja harganya sudah berada di angka Rp100 juta-an, atau bisa saja membeli sedan Eropa keluaran lama yang kini berada di bawah Rp50 juta," ucap Herjanto.

Mobil Bekas

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini