nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penjualan Sedan Bekas Merosot, Ini Alasannya

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 17:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 24 52 2096175 penjualan-sedan-bekas-merosot-ini-alasannya-F1OkCwTl56.jpg Ilustrasi Bursa Mobil Bekas (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pergeseran kebutuhan masyarakat dalam pemenuhan kendaraan keseharian mereka berpengaruh pada penjualan tipe sedan secara umum. Keberadaan fitur serta peningkatan kenyamanan berkendara pada jenis mobil lain seperti MPV maupun SUV juga memegang andil atas fenomena itu.

Tidak hanya terlihat pada volume kendaraan sedan baru di jalan, gambaran tentang merosotnya minat masyarakat pada kendaraan ini terjadi pada pasar mobil bekas. Hal tersebut diungkap Manajer Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih.

 Sedan Bekas

Ia mengaku kemerosotan ini disebabkan populasi kendaraannya yang menyusut dalam kurun waktu dua dekade terakhir. Herjanto bahkan menyebut peredaran mobil bekas tipe sedan di lokasi itu tergolong minim. "Porsinya sekitar lima persen dari seluruh unit yang ditawarkan saat ini," katanya.

Meski mengaku pihaknya tidak membatasi jenis kendaraan tipe sedan yang masuk ke bursa, Herjanto tidak menyangkal sejumlah merk kendaraan masih mendapat perhatian lebih dari konsumen. Kemudahan mencari informasi di internet juga memberi konsumen pilihan dalam membandingkan kesesuaian kondisi dengan harga.

 Sedan Bekas

Sejumlah faktor tersebut menjadikan penjual berhati-hati dalam mendatangkan produk. Sehingga tidak mengherankan volume mobil yang terpajang di bursa tergolong kecil. "Dalam waktu dua atau tiga bulan belum tentu ada barang yang cocok dengan selera konsumen," ujar Herjanto.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini