nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Bekas Presiden Jokowi Ditaksir Rp200 Jutaan

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 25 Agustus 2019 08:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 25 52 2096295 mobil-bekas-presiden-jokowi-ditaksir-rp200-jutaan-9libFV9XtY.jpg Mobil Mercedes Benz Kepresidenan Republik Indonesia (Foto: Okezone)

JAKARTA - Keputusan terkait peremajaan kendaraan kepresidenan Republik Indonesia sudah dikeluarkan pada Jumat (23/8/2019) lalu. Kementrian Sekretaris Negara (Kemensetneg) menyebut akan menyediakan dua buah unit Mercedes S600 Guard edisi terbaru, sebagai mobil dinas Presiden Joko Widodo.

Peremajaan tersebut dilakukan dengan mengacu pada usia kendaraan yang sudah cukup berumur. Mercedes S600 Pullmann Guard yang saat ini bertugas, sudah hadir sejak 2008. Tepatnya, di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Tingginya biaya perawatan dan perbaikan komponen turut dikabarkan mendorong pemerintah memilih membeli unit baru.

 Mobil Presiden RI

Pengamat pasar mobil bekas, Herjanto Kosasih, menyebut kendaraan tersebut bisa saja dilepas ke pasaran. Sebagai perbandingan ia menyebut kisaran harga untuk tipe Mercedes Benz S600 yang biasa beredar di bursa jual beli kendaran bekas. "Harganya bisa berkisar Rp200 juta. Penawarannya mungkin lebih tinggi dibanding barang tipe sejenis yang ditaksir Rp100jutaan," katanya.

Herjanto memprediksi faktor usia membuat kenyamanan berkendara mobil tersebut menurun. Terlebih, dengan karakter cuaca serta kondisi temperatur Indonesia yang berbeda dibandingkan negara asal mobil tersebut. "Kelembaban serta iklim negara ini berpengaruh pada kondisi komponen dalam kabin mobil," ujarnya saat ditemui Okezone Otomotif.

Pengamat kendaraan bekas lainnya, Sigit Setyawan, menyebut mobil tersebut terbilang sulit untuk diambil oleh dealer. Pasalnya, ada kemungkinan pengurusan dokumen kepemilikan tertentu selaku bekas kendaraan dinas kenegaraan. "Pengurusan dengan birokrasi tersebut bisa memakan waktu," katanya.


Tidak ada keterangan resmi mengenai spesifikasi Mercedes Benz S600 Guard yang menjadi kendaraaan kepresidenan baru nantinya. Namun, dipastikan mobil ini merupakan keluaran 2019 atau berasal dari generasi berbeda dibandingkan unit kendaraan dinas presiden saat ini.

Mercedes Benz


Mobil dinas baru itu diharapkan tiba setalah pelantikan masa jabatan keduanya, Oktober mendatang. "Waktu pemesanan hingga pengiriman mobil berkisar 7-9 bulan. Hal tersebut dihitung dari bulan ini," ujar Deputy Director Sales Operation MBC Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto.


1
2

Berita Terkait

Mobil Bekas

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini