nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Honda Rancang Teknologi Airbag Terbaru, Dipakai Mulai 2020

Medikantyo, Jurnalis · Senin 26 Agustus 2019 10:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 26 52 2096596 honda-rancang-teknologi-airbag-terbaru-dipakai-mulai-2020-PutgTltzYO.jpg Honda sedang kembangkan teknologi airbag terbaru (Foto: Ist)

COLUMBUS - Langkah pembaruan keselamatan dilakukan oleh Pusat Riset dan Teknologi Honda Amerika Serikat bekerjasama dengan pabrikan Autoliv. Mereka berupaya membuat airbag generasi terbaru untuk menunjang keamanan pengendara saat terjadi benturan.

Model dari airbag edisi anyar nantinya diupayakan untuk bisa menangkap serta mengamankan bagian kepala dari pengemudi. Dengan menangkap bagian kepala pada posisi yang pas, airbag ini bisa mengurangi potensi cedera kepala hingga bagian dalam.

 Airbag Baru Honda

Prinsip kerja airbag baru ini mirip dengan perangkat penangkap bola yang digunakan oleh pemain bisbol (catcher). Perangkat itu terbagi dalam tiga kompartemen. Yakni, sebuah kompartemen utama, dua kompartemen yang berkembang melebar, serta sebuah "sail Panel".

Sail panel tersebut yang bertugas sebagai penahan utama dari anggota tubuh pengendara yang berpotensi membentur dasbor. Bagian ini mengembang di antara dua kompartemen yang mengembang melebar pada ujung terluar dari dasbor. Honda menyebut komponen tersebut dapat menyokong posisi kepala pengemudi dalam situasi bahaya.

Ketiga kompartemen tersebut mengembang dalam dua tahapan, berselisih sekitar 0,15 detik. Hal tersebut diperlukan untuk mengakomodasi pengembangan maksimal dari bagian airbag yang berukuran lebih besar. "Momentum tersebut bisa mengatasi terjadinya cedera kepala fatal," ujar staf riset Honda, Eric Heitkamp.

Keuntungan utama dari penggunaan airbag edisi terbaru ini, tentunya akan mengurangi dampak cedera akibat impak benturan dari depan. Namun, dalam beberapa kasus, bagian kepala pengendara tidak dapat tertampung seluruh bagian airbag.

 Airbag baru Honda

Komponen airbag terbaru ini akan debut pada 2020 seperti dilansir oleh Wired. Namun, Honda belum dapat menjelaskan model kendaraan mana yang akan memperoleh pembaruan ini. Autoliv, rekanan pengembangan Honda terkait airbag ini, kini memegang kontrak kerjasama khusus dengan produsen asal Jepang itu.

1
2

Berita Terkait

Honda

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini