nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bocoran soal Generasi Terbaru Suzuki Hayabusa

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Senin 26 Agustus 2019 19:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 26 53 2096888 bocoran-soal-generasi-terbaru-suzuki-hayabusa-yy6dmHu7rQ.jpg Ilustrasi motor Suzuki Hayabusa (Foto: Ist)

JEPANG - Suzuki Hayabusa merupakan jenis motor hyper sport dan merupakan salah satu motor tercepat yang ada di dunia. Motor ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1999.

Namun kabar terbaru menunjukkan sebuah gambar yang menampilkan konsep motor Suzuki Hayabusa generasi terbaru serta terdapat beberapa hak paten yang ada pada motor ini.

 Generasi Terbaru Suzuki Hayabusa

Suzuki mengajukan hak paten untuk sistem pembuangan emisi yang ramah lingkungan pada motor Suzuki Hayabusa. Namun terdapat hak paten lain yang dimasukan oleh Suzuki, yaitu mengenai sensor pada posisi roda gigi.

Paten ini pertama kali diterbitkan pada tanggal 22 Agutus 2019 di Jepang dan telah diajukan kepada Perusahaan Hak Paten pada Februari 2018 lalu.

 Generasi Terbaru Suzuki Hayabusa

Pada hak paten terbaru ini menunjukan balok alloy frame yang lebih modern dan tampak lebih ringan dari seri Suzuki Hayabusa sebelumnya. Mesin Hayabusa ini juga tetap sama menggunakan 1.340CC dengan empat silinder.

Yang menarik, sebelumnya Suzuki mengajukan hak paten yang menunjukan mesin yang baru serta dilengkapi dengan transmisi semi-otomatis yang dikontrol secara elektronik. Namun pada dokumen terbaru menunjukan sedikit perbedaan dengan gearbox manual konvensional.

Pada dokumen terbaru merujuk pada kopling yang dioperasikan dengan tangan sementara tuas perseneling dioperasikan menggunakan kaki.

 Generasi Terbaru Suzuki Hayabusa

Sebagai perbandingan, pada paten gearbox konvensional menunjukan spindle tuas perseneling yang terbuka. Sementara pada paten motor semi-otomatis memiliki penutup di atasnya dan mendapatkan beberapa tambahan seperti adanya elektrik dan hidraulik untuk transmisi yang terletak di atas gearbox.

Implikasinya bahwa Suzuki Hayabusa keluaran terbaru akan menggunakan dua pilihan, yaitu menggunakan gearbox konvensional dan semi-auto.

Belum ada konfirmasi resmi kapan motor ini akan diluncurkan, namun diperkirakan akan rilis pada tahun 2021 mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini