nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yamaha Klaim Power Weight Ratio Aerox Paling Tinggi Dibanding Pesaingnya

Mufrod, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 09:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 26 53 2096967 yamaha-klaim-power-weight-ratio-aerox-paling-tinggi-dibanding-pesaingnya-MHESJEWXqD.png Yamaha Aerox 155 VVA (foto: Ist)

JAKARTA - Produsen Yamaha mengklaim skuter matik badan bongsor sportnya yakni Aerox 155 VVA menjadi produk dengan power weight ratio paling besar dibanding pesaingnya yang lain.

Produsen berlogo garpu tala tersebut mengungkat tenaga mesin dengan bobot kendaraan masih menghasilkan tenaga yang sangat besar. Terbukti dari pengujian, Yamaha Aerox mampu melesat sejauh 100 meter dapat ditempuh dalam 20 detik dengan membawa barang, sedangkan tanpa barang lebih cepat dicapai dalam waktu 15 detik.

 Yamaha Aerox

Semakin tinggi Power Weight Ratio maka semakin tinggi performa motornya. Power Weight Ratio merupakan pengukuran kinerja mesin secara keseluruhan pada kendaraan, dihitung dengan cara membagi tenaga maksimal yang dikeluarkan dengan bobot kendaraan tersebut (kW/kg). Power Weight Ratio bermanfaat untuk mendahului, melewati jalan menanjak dan berpengaruh pada top speed. Penggunaan bahan bakar juga lebih efisien.

Agar lebih mudah memahami kinerja Power Weight Ratio, berikut penggambarannya. Satu orang yang sama memacu tenaganya saat berlari dengan membawa barang dan tanpa barang menempuh jarak yang sama. Tenaga orang itu ibarat daya motor sedangkan barang adalah bobot motor. Saat menggunakan tenaganya dengan dibebani barang, kecepatannya lebih lambat sehingga performanya kurang bagus.

 Yamaha Aerox

Yamaha Aerox 155 VVA sendiri, mampu menghasilkan tenaga mencapai 15 Ps pada 8.000 rpm, sedangkan torsi yang dihasilkan mencapai 13.8 Nm pada 6.250 rpm. Meski memiliki mesin besar Yamaha Aerox 155 tetap irit bahan bakar, dikarenakan telah ada teknologi Variable Valve Actuator (VVA). Selain itu juga ada Stop and Start System (SSS) yang berfungsi mematikan mesin ketika diam selama kurang lebih 5 detik.

(muf)

Berita Terkait

Yamaha Sepeda Motor

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini