nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantan Bos Volkswagen Otak Akuisisi Lamborghini dan Bugatti, Meninggal Dunia

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 14:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 27 52 2097230 mantan-bos-volkswagen-otak-akuisisi-lamborghini-dan-bugatti-meninggal-dunia-GCxNgalADx.jpg Ferdinand Piech Mantan Bos Volkswagen 1993-2015 (Foto: Ist)

MUENCHEN - Kabar duka meninggalnya Ferdinan Piech, mantan pimpinan Volkswagen Group, muncul pada akhir pekan lalu. Laman berita Jerman, DW, melaporkan pria 82 tahun tersebut mendadak pingsan ketika sedang berada dalam sebuah restauran bersama istrinya Ursula Piech di Rosenheim, Bavaria.

Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi mengenai penyebab utama meninggalnya Piech. Begitu juga, konfirmasi dari pihak bekas perusahaan pimpinan Piech, Volkswagen Group. Ia mengundurkan diri sebagai bos produsen kendaraan tersebut pada 2015 lalu.

 Ferdinand Piech Meninggal Dunia

Piech sendiri masih memiliki ikatan darah dengan Ferdinand Porsche, pendiri produsen Porsche yang memberinya kesempatan bergabung pada 1960an. Kariernya menanjak setelah bergabung dengan Audi hingga mendapat peran sebagai pimpinan direksi pada 1993 silam.

Keadaan finansial produsen yang bermarkas di Wolfsburg, Jerman itu berada dalam titik nadir ketika Piech datang. Langkah radikal yang ia lakukan adalah menyederhanakan ongkos produksi dengan konstruksi komponen modular pada berbagai lini kendaraan mereka.

Teknik konstruksi produksi tersebut memungkinkan Audi, Skoda, serta Volkswagen untuk berbagi komponen produksinya hingga 65 persen. Hal tersebut mengangkat reputasi Volkswagen dan Audi menjadi dua produsen raksasa memasuki era 2000an.

Perluasan grup Volkswagen dilakukan Piech dengan memimpin langkah akuisisi sejumlah produsen kendaraan lain. Perusahaan yang dicaplok VW Group antara lain Lamborghini, Bugatti, Bentley, hingga pembuat kendaraan roda dua Ducati.

 Ferdinand Piech Meninggal Dunia

Peran besar Piech juga terlihat dengan mendekatya hubungan Porsche dan Volkswagen sebagai aliansi. Keluarga Piech/Porsche sendiri masih menjadi pemilik utama firma Porsche SE. Piech masih memiliki saham sebesar 10 persen dalam firma tersebut hingga saat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini