BMW X5 Kini Miliki Teknologi Tahan Bom dan Peluru

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 27 52 2097292 bmw-x5-kini-miliki-teknologi-tahan-bom-dan-peluru-xPedmTg9Xj.jpg BMW X5 Protection VR6 (Foto: Ist)

BERLIN - Peningkatan fitur keamanan kendaraan diterapkan BMW pada model Sport Utility Vehicle (SUV) X5 dengan penggunaan lapisan pelindung setingkat VR6. Namun, hal tersebut tidak mengubah tampilan dari kendaraan tersebut secara signifikan, kecuali label namanya menjadi X5 Protecion.

Penigkatan sistem keamanan tersebut diterapkan dengan penggunaan panel besi berkekuatan tinggi. Hal itu dipasang pada rangka samping, pintu, atap, dan sisi pembatas kompartemen mesin. Pelat alumunium tambahan juga dipakai untuk melindungi sisi bodi bagian bawah dan bagasi.

 X5 Protection

Seluruh panel kaca kendaraan ini juga menebal hingga 30 milimeter. Konsumen bahkan memiliki opsi untuk menambah perlindungan kendaraan mereka pada setiap lapisan yang tersedua. Termask perlindungan pada bagian atap kendaraan dari serangan senjata tanpa awak (drone).

Secara umum standar perlindungan VR6 ini sudah mampu memproteksi mobil dari serangan peluru senjata serbu setingkat AK-47. Begitu juga klaim dari BMW, tentang ketahanan kendaraan dari ledakan bahan TNT seberat 15 kilogram dari jarak empat meter.

Penambahan bobot dan sistem perlindungan mobil itu disertai dengan tenaga mesin yang mumpuni untuk melarikan diri. X5 Protection menggunakan mesin V8 twin-turbo berkapasitas 4.4 L dengan tenaga maksimal hingga 523 hp dan torsi sebesar 750 Nm. Kecepatan maksimal mobil ini dibatasi secara elektronik hingga 210 Kpj.

Fitur keamanan juga menyertai keempat ban berukuran 20 inci yang terpasang pada SUV tersebut. Mereka memiliki teknologi sidewall tambahan sehingga dapat melaju saat kehilangan tekanan udara sepenuhnya. Jika terjadi kebocoran tipis, ban tersebut mampu menutupnya secara otomatis.

 X5 Protection

Belum ada informasi sepenuhnya terkait harga jual model BMW X5 Protection VR6 ini. Terlebih, kendaraan berkapasitas empat penumpang tersebut biasanya dipesan khusus oleh kalangan terbatas dengan kebutuhan keamanan maksimal.

X5 Protection

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini