Siap Luncurkan Teknologi Smart SIM, Korlantas Polri Sebut Harganya Tak Naik

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 20:36 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 27 52 2097400 siap-luncurkan-teknologi-smart-sim-korlantas-polri-sebut-harganya-tak-naik-VC1VkGpTyi.jpeg Contoh SMart SIM yang Ditunjukkan Kakorlantas Polri Irjen Pol Refli Andri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengenalan model baru Surat Izin Mengemudi (SIM) akan dilakukan Polri pada 22 September mendatang. Memiliki konsep sebagai Smart SIM, kartu ini nantinya berbekal teknologi chiop yang merekam data diri pemilik hingga berlaku sebagai uang elektronik (e-money).

Setelah mulai berlaku bulan depan, seluruh pembuatan dan pembaruan SIM akan menggunakan edisi terbaru itu. Hal itu diungkapkan oleh Ditregident Korlantas Polri, Kombes Pol Hery Sutrisman. "Masyarakat yang mau perpanjang atau baru mau bikin SIM akan langsung menggunakan Smart SIM ini," ujar Hery.

 SMART SIM

Selain itu tidak ada larangan bagi masyarakat untuk membarui SIM mereka dengan model terkini ini. Namun, langkah pembaruan itu tentunya harus mengikuti peraturan yang berlaku. Termasuk, membayar tanggungan biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) melalui satpas terdekat.

Hery menyebut Polri belum berniat menaikkan biaya pembuatan maupun pembaruan SIM terkait adanya edisi terkini dari syarat sah pengendara tersebut. Untuk pembuatan SIM A misalnya, biaya pembuatan barunya Rp120 ribu sedangkan perpanjangan Rp80 ribu. Untuk kategori SIM C biaya pembuatan baru sekitar Rp100 ribu dan perpanjangan Rp75 ribu.

 Korlantas Polri Contoh Smart SIM

Kemunculan teknologi chip Smart SIM ini merupakan bagian pengembangan layanan masa depan dari kepolisian. "Kita meningkatkan kualitas SIM baik secara fisik maupun teknologi tanpa menaikkan harga. Tidak hanya meluncurkan Smart SIM, sisi service juga smart," kata Hery menjelaskan.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini