Empat Cara Merawat Aki Mobil Anda

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 27 87 2097129 empat-cara-merawat-aki-mobil-anda-L62kLTmDPZ.jpg Ilustrasi Merawat Aki Mobil (Foto: Ist)

JAKARTA - Aki merupakan salah satu rangkaian komponen penting pada mobil. Dimana aki ini memiliki fungsi sebagai penyedia dan menyimpan energi listrik, juga sebagai stabilisator tegangan. Oleh sebabnya, penting untuk memelihara aki tetap dalam kondisi yang baik.

Berikut ini cara memelihara aki mobil Anda :

1. Periksa Terminal Yang Mengalami Korosi

Korosi adalah kerusakan atau degradasi logam akibat reaksi redoks antara suatau logam dengan berbagai zat. Pengaruh cuaca dapat menjadi penyebab terjadinya korosi seperti panas yang dihasilkan, kelembaban, dan usia mobil juga berdampak terminal aki mobil terkorosi. Untuk mencegah terjadinya korosi pada terminal baterai mobil, Anda hanya perlu membersihkan secara teratur.

Ada dua cara yang dapat dilakikan :

Membersihkan Aki Mobil Dengan Soda Kue

Dengan mencampurkan satu sendok makan (15ml) soda kue dengan 1 cangkir air (250 ml). Gunakan sikat gigi bekas ke dalam larutan tersebut dan gosok bagian atas aki mobil. Sebelum membersihkannya, pastikan mobil dalam keadaan mati, tentukan konfigurasi aki, longgarkan mur pada jepitan kabel (-) negatif dan lakikan hal yang sama dengan kabel (+) positif dan terakhir periksa kembali apakah aki mobil Anda mengalami retak dan mengeluarkan asam? Jika iya, maka aki harus diganti.

Bila semua cara di atas sudah dilakikan pada aki mobil Anda, selanjutnya yang perlu Anda lakikan ialah membilas aki dan kabel dengan air dingin. Terakhir lumasi semua logam yang tampak pada terminal, pos, jepitan aki mobil. Kemudian pasang kembali kabel ke terminal dan eratkan mur dengan kunci inggris.

 Ilustrasi aki mobil

Membersihkan Aki Dengan Minuman soda

Yang perlu Anda siapkan, hanya minuman soda, sarung tangan, dan kunci inggris.Lalu, longgarkan tiap terminal dengan kunci inggris, lalu tuangkan minuman soda dari tengah aki lalu gerakkan keluar dalam satu arah, kemudian diamkan aki yang telah diberikan minuman soda tersebut, lalu bilas dengan air. Terakhir eratkan kembali terminal aki.

2. Kencangan Sambungan Aki Mobil

Pemilik mobil suka mengabaikan kondisi aki sehingga menjadikan masa pakai aki menjadi lebih pendek. Bahkan sering terjadi kasus seperti capitan kepala aki yang kendor. Jika menemukan hal tersebut pada aki mobil Anda, perlu untuk mengencangkan kembali sambungan aki mobil yang kendor. Namun, apabila sambungan yang kendor tersebut terlihat parah sebaiknya langsung diganti.

Pengecekan aki mobil

3. Ketahui Jenis Aki Anda

Aki terdiri dari dua jenis yakni aki basah dan aki kering. Jika mobil Anda memiliki aki basah, Anda perlu melakikan perawatan dengan cara mengecek setiap satu bulan sekali dan memastikan level air tidak melebihi garis minimum. Sementara jenis aki kering ini terbebas dari perawatan. Pemilik kendaraan hanya perlu menggunakan mobil, jika terlalu lama dibiarkan dalam garasi justru akan membuat aki kering memiliki masa pakai yang pendek.

4. Pastikan Anda selalu Memanaskan dan Menjalankan Mobil Secara Teratur

 

Aki atau baterai kendaraan memberi daya untuk menyalakan mobil, setelah mobil tersebut menyala, alternator memberikan daya pada perangkat listrik dan mengisi baterai. Bila Anda seseorang yang tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakikannya, gunakan jasa seseorang untuk mengendarai mobil Anda secara teratur, seperti seminggu tiga kali selama 30 menit untuk mempertahakan daya baterai.

 Ilustrasi merawat aki mobil

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini