nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral! Pria Ini Kendarai Motor di Jalan Raya Sambil Tiduran

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Rabu 28 Agustus 2019 19:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 28 53 2097839 viral-pria-ini-kendarai-motor-di-jalan-raya-sambil-tiduran-Vs28k80IJV.jpg Pria nekat kendarai motor sambil tiduran (foto: Instagram)

JAKARTA - Aksi pengendara sepeda motor satu ini terbilang sangat membahayakan baik bagi dirinya maupun pengguna jalan lain yang melintas. Entah apa yang dilakukan pengendara sepeda motor ini ingin unjuk pamer atau tengah mencari sensasi.

Dalam aksinya tersebut, pengendara motor tersebut dengan santai mengendalikan sepeda motornya menggunakan kaki yang berada di setang kemudi. Sedangkan badannya tiduran di jok motor, sambil memegang ponselnya. Posisi satu tangannya lagi menahan kepala sebagai sandaran agar tetap tegak.

 Pengendara motor tiduran

Uniknya, pengendara sepeda motor ini melakukan aksi nekatnya tersebut ditengah perlintasan jalan raya yang tengah ramai dengan pengendara lain baik sepeda motor dan mobil. Beberapa manuver dilakukan pengendara motor tersebut dengan santai, salah satunya saat melintasi jalan menikung, dimana pengendara tetap tiduran di jok motornya.

 Pengendara motor tiduran

Belum jelas asal video ini dari mana, namun dalam video unggahan dengan kualitas yang buruk ini sekilas terlihat sebuah baliho besar yang bertulisan Hut ke-74 RI. Pada kolom komentar netizen membenarkan bahwa kejadian ini di Indonesia, tepatnya di Batam.

Mengendarai sepeda motor seperti tampak pada video tersebut jelas dapat merugikan bagi keselamatannya maupun bagi pengendara lain, meskipun pengendara memiliki keahlian mengendarai tiduran sambil main hp di jalan raya tetap saja tindakan tersebut salah. Selain itu, pengendara akan dikenakan sanksi karena telah melanggar peraturan lalu lintas.

 Pengendara motor tiduran

Peraturan ini dimuat dalam Undang-Undangan Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 106 ayat (1) yang berbunyi "Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi."

 Pengendara motor tiduran

Sementara itu, dalam pasal 283 menyatakan bahwa "Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat (1) dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini