Teknologi Kamera Akan Sepenuhnya Gusur Kaca Spion Konvensional

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 29 Agustus 2019 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 29 52 2098371 teknologi-kamera-akan-sepenuhnya-gusur-kaca-spion-konvensional-dIindEK2gD.jpg Pemakaian Kaca Spion Akan Tergantikan Teknologi Kamera (Foto: Okezone.com/Istimewa)

WASHINGTON - Gelagat pengembangan teknologi kendaraan bermotor bisa memiliki dampak pada sebuah regulasi. Terbaru, Administrator Keselamatan Lalu Lintas Nasional Amerika Serikat (NHTSA) mengizinkan produsen menempatkan teknologi kamera sebagai pengganti kaca spion.

Berdasarkan keputusan yang keluar pada pekan ini, seperti dilansir oleh Reuters, NHTSA akan melakukan pengujian lebih lanjut pada teknologi itu. Terlebih dengan pengaruhnya terhadap perilaku pengendara mobil saat berpindah jalur atau mendahului kendaraan lain.

 Spion Mobil

Petisi tentang penerapan regulasi yang membolehkan penggunaan kamera samping sebagai kaca spion ini sudah muncul sejak 2014 lalu. Produsen seperti Volkswagen, Toyota, General Motors, dan Tesla menyatukan pandangan terkait kebutuhan pengembangan komponen ini.

Toyota melalui model Lexus ES di Jepang sudah menerapkan kamera di bagian samping sebagai pengganti kaca spion samping. Begitu juga dengan Audi, anak perusahaan Volkswagen, yang menaruh teknologi itu pada model mobil listrik E-Tron. Seluruh model tersebut dijual di Amerika Serikat menggunakan kaca spion konvensional.

 Spion Mobil

Teknologi kamera sebagai penunjang bagi pengendara mobil sudah digunakan sebagai fitur oleh beberapa produsen. Namun, lumrahnya teknologi kamera tersebut terpasang pada bagian depan atau belakang mobil untuk menunjang sudut pandang pengemudi.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini