Begini Bukti Warna Kendaraan Berpengaruh pada Temperatur Bodi Mobil

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 30 Agustus 2019 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 30 52 2098492 begini-bukti-warna-kendaraan-berpengaruh-pada-temperatur-bodi-mobil-SPzcciA0Eu.jpg Gambaran pembandingan temperatur bodi mobil menggunakan sensor panas (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LOS ANGELES - Salah satu alasan yang sering diutarakan, adalah kecenderungan menghindari warna hitam karena kekhawatiran akan penyerapan panas pada bodi kendaraan. Hal ini juga menjadi pertimbangan pembelian kendaraan oleh konsumen.

Terdapat bukti nyata dari kekhawatiran itu lewat sebuah video yang beredar di media sosial. Pembuatnya mencoba mengukur perbandingan suhu kendaraan pada kap mesin mobil dengan warna berbeda. Lelaki ini bermodalkan sebuah monitor pengukur suhu yang ia arahkan ke sejumlah kendaraan yang terparkir.

 Sensor Panas Mobil

Terdapat lima kendaraan model Toyota Highlander yang diparkir pada area terbuka dengan paparan sinar matahari langsung. Fokus pengarahan sensor panas dari pembuat video ditujukan kepada dua kendaraan di tengah yang berwarna hitam dan putih.

Rupanya terdapat perbandingan cukup signifikan antara warna mobil yang cenderung gelap dengan berwarna putih. Dalam tayangan tersebut, terekam suhu kap mobil yang berwarna hitam dapat mencapai 70 derajat Celcius. Sementara, temperatur kap mesin kendaraan berwarna putih terekam mencapai 44 derajat Celcius.

 gambaran pengukuran suhu panas bodi mobil

Selisih suhu yang cukup besar tersebut memang menjadi bukti bagaimana warna kendaraan dapat berperan menyerap suhu panas di sekitarnya. Langkah mudah bagi pemilik kendaraan ataupun pengendara mengatasi hal ini, adalah memilih lokasi parkir dalam ruangan atau dengan kondisi sekitar yang lebih teduh.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini