nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendiang Presiden Volkswagen Punya Andil Besar dalam Perkembangan Teknologi Audi

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 30 Agustus 2019 15:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 30 52 2098623 mendiang-presiden-volkswagen-punya-andil-besar-dalam-perkembangan-teknologi-audi-uBpdv5gEFF.jpg Penampilan Audi Q8 dalam ajang GIIAS 2019 (Foto: Okezone/Medikantyo)

BERLIN - Berpulangnya salah satu ikon dunia otomotif Jerman, Ferdinand Piech, akhir pekan lalu meninggalkan warisan berharga. Salah satu penemuan bekas pimpinan Volkswagen itu, masih digunakan oleh sesama produsen asal Jerman, Audi. Teknologi yang dimaksud adalah sistem penggerak semua roda bertajuk Quattro.

Sistem penggerak semua roda memang menjadi hal yang lumrah saat ini. Namun bagi Audi, teknologi ini berawal dari temuan Piech yang menemukan kendali empat roda dari kendaraan militer Jerman. Rupanya sesuai untuk model Audi 80 keluaran 1977 hingga 1978 silam.

 Sistem penggerak Audi Quattro

Langkah tersebut dianggap sebagai salah satu tonggak kemajuan Audi hingga akhirnya menonjol dalam jajaran produsen mobil asal Jerman. Piech bahkan menyimpan fakta pengembangan aerodinamis produk Audi di era tersebut saat menjabat kepala divisi mekanik.

Evolusi teknologi penggerak semua roda ini sudah memasuki generasi keenam dengan penerapannya pada model Audi RS5 pada 2010 lalu. Ragam penempatan sistem ini pada sejumlah unit Audi dibedakan melalui komponen diferensial serta karakter kendaraan, seperti Sport Utility Vehicle (SUV).

 Model Audi Q8

Model terkini dari Audi dengan sistem penggerak Quattro yang beredar di Indonesia, adalah varian Q8. Mobil itu diluncurkan pada ajang GIIAS 2019 lalu, dengan mesin V6 3 L berkekuatan 335 hp. Audi Indonesia membanderolnya dengan harga Rp2,4 miliar.

(muf)

Berita Terkait

Audi

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini