Menilik Sentuhan Istimewa Produsen Mobil Tahan Peluru

Ilham Satria Fikriansyah, Jurnalis · Jum'at 30 Agustus 2019 19:53 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 30 52 2098765 menilik-sentuhan-istimewa-produsen-mobil-tahan-peluru-s8kzsNrEzw.jpg Keandalan BMW X5 Protection lindungi pengendara serta penumpang dari serangan senjata api dan bahan peledak (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Penggunaan mobil anti peluru dan berlapis baja sudah banyak ditemui saat ini. Beberapa produsen otomotif mulai bergerak untuk memproduksi kendaraan yang tahan dengan serbuan senjata bahkan ledakan bom sekalipun.

Komponen yang dimiliki oleh mobil tersebut tentu tidaklah murah. Material yang digunakan tentu melewati proses ketat serta tahap pembuatan mendetail. Salah satu produsen bidang sistem keamanan canggih pada mobil, INKAS, memberikan komponen mutakhir serta teruji saat membangun kendaraan jenis ini.

 SUV Bentley Bentayga

Seperti terlihat dalam modifikasi mereka pada unit SUV Bentley Bentayga. Mobil ini memenuhi standar CEN 1063 BR6 sehingga bobot mobil ini mencapai 2 ton. Perlidungan pada mobil ini sangat kokoh, bahkan senjata laras panjang seperti AK-47 dan AR-10 tak bisa menembus bodinya. Badan kendaraan tersebut juga dirancang tahan ledakan sekelas TNT dalam jarak empat meter.

Gubahan keamanan optimal juga terlihat dalam varian BMW X5. Model ini juga mampu menahan serangan peluru dan ledakan bom. Bahkan, terdapat opsi pemasangan komponen tambahan pada atap pada mobil ini sehingga melindungi pengendara dari serangan senjata tanpa awak (drone).

Perusahaan seperti Texas Armoring menjadi pihak yang memungkinkan kendaraan seperti ini muncul ke publik. Beberapa komponen penting seperti kaca anti peluru buatan mereka menggunakan polikarbonat berpadu dengan kaca ringan, yang bobotnya sekitar 10-15% lebih ringan daripada kaca lapis baja pada umumnya.

Bobot ringan itu tidak membuat kaca ini jadi mudah untuk ditembus oleh peluru. Kaca tersebut memiliki bentuk melengkung (curved) dan memiliki lapisan premium yang keras, membuat serpihan kaca dari hasil tembakan tidak melukai pengendara dan penumpang di dalamnya.

 BMW X5 Protection

INKAS sendiri mengembangkan fitur lainnya yaitu komponen ban yang bisa dibilang anti kempis. Meskipun ban tersebut telah ditembaki hingga kehilangan tekanan udara, mobil tetap bisa melaju hingga sejauh 95 km. Fitur tersebut memberi jarak aman kepada pengguna mobil untuk mencari bantuan.

Tak hanya itu, kehadiran kendaraan lapis baja membuat pihak INKAS merakit komponen lain seperti suspensi mobil yang mumpuni, sistem pengereman mobil yang canggih, serta grill pelindung. Komponen tersebut menjadi modal mereka membangun mobil lapis baja yang tangguh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini