nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terungkap Alasan Toyota Ajak Suzuki Kolaborasi di Industri Otomotif

Ilham Satria Fikriansyah, Jurnalis · Senin 02 September 2019 19:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 02 52 2099782 terungkap-alasan-toyota-ajak-suzuki-kolaborasi-di-industri-otomotif-1UxjZaZ2wx.jpg Kerjasama Toyota dan Suzuki (foto: Ist)

TOKYO - Toyota dikenal sebagai salah satu produsen otomotif terdepan dalam menciptakan berbagai jenis mobil hingga dalam pengembangan teknologi terbaru yang diterapkan pada kendaraannya.

Tidak hanya itu saja, bahkan Toyota juga melakukan kerja sama terhadap produsen otomotif terkemuka dalam mengembangkan bisnisnya, salah satunya dengan Suzuki.

 Kerjasama Toyota Suzuki

Dalam hubungan kerja sama tersebut, Toyota mengeluarkan biaya sebesar 96 Miliar Yen atau sekitar Rp12 Triliun untuk mengambil sekitar 4,9 persen saham perusahaan Suzuki.

Langkah ini diambil oleh Toyota demi mengembangkan usahanya di India. Faktor ini dikarenakan India merupakan negara yang subur dalam bidang otomotif, penjualan kendaraan kian meningkat hingga akhirnya berbagai produsen otomotif tertarik untuk membuka bisnis nya di India.

 Toyota

Bahkan Maruti Suzuki yang merupakan anak buah perusahaan Suzuki mampu mengunci penjualan kendaraan pribadi di India hingga sebesar 46 persen.

Pengumuman aliansi modal antara pembuatan mobil Suzuki dengan Toyota dimulai pada bulan Oktober 2016 lalu oleh Presiden Toyota yaitu Akio Toyoda dan Ketua Suzuki yakni Osamu Suzuki.

Sebagai dari perjanjian kerja sama dengan Toyota, Suzuki juga akan membeli saham milik perusahaan Toyota.

 

Bahkan kerja sama antara keduanya sudah mulai terlihat. Tahun ini Suzuki menyetujui untuk memasok dua unit kendaraannya kepada Toyota untuk dijual di pasar India. Kedua unit tersebut yaitu Suzuki Baleno dan juga Ertiga yang akan diproduksi oleh Toyota. Sementara itu Toyota juga akan mengembangkan mobil hybrid miliknya bersama dengan Suzuki.

Selain itu, Toyota juga mendapat keuntungan dari adanya kerja sama dengan Suzuki yakni menciptakan mobil dengan harga murah untuk bersaing di pasar otomotif India dalam waktu beberapa tahun mendatang.

Kerja sama lain yang dilakukan oleh pihak Toyota dan Suzuki adalah mereka juga akan mengembangkan mobil listrik serta berkolaborasi dalam menciptakan mobil otonom atau mobil tanpa awak.

1
2

Berita Terkait

Toyota

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini