nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Listrik Volkswagen Berhasil Pecahkan Rekor di Lintasan Tersulit Dunia

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 03 September 2019 13:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 03 52 2100062 mobil-listrik-volkswagen-berhasil-pecahkan-rekor-di-lintasan-tersulit-dunia-5RRZuVTdaZ.jpg Mobil listrik volkswagen (foto: Ist)

BEIJING - Ambisi tim mobil listrik Volkswagen ID R untuk menantang trek sulit di penjuru dunia mulai terpenuhi satu demi satu. Terbaru, mereka sukses mengantarkan Volkswagen ID R sebagai mobil pertama yang berhasil melibas rute tanjakan besar Tianmen Shan, Tiongkok.

Rute ini memiliki jarak sekitar 11 kilometer dengan ketinggian 200 hingga 1.519 meter di atas permukaan laut (dpl). Total tikungan yang harus dilalui oleh Volkswagen ID R bersama pengemudinya, Romain Dumas, pun mencapai 99 buah.

 Mobil listrik VW

Dumas bersama unit Volkswagen ID R mencatatkan waktu 7 menit 38,585 detik untuk menyelesaikan rute itu dari titik awal menuju puncak Tianmen, wilayah Hunan tersebut. Volkswagen menyebut Dumas memacu kendaraannya hingga mencapai 230 Kpj, meski menemui tikungan tajam serta melalui beberapa terowongan.

 Mobil listrik VW

Volkswagen ID R sendiri merupakan mobil listrik dengan motor ganda dengan kekuatan mencapai 670 hp atau 507 kW. Bentuknya sengaja dibuat aerodinamis untuk mengurangi tekanan ke bawah (downforce) sebanyak 20 persen saat melaju di trek lurus. Hal itu memungkinkan penggunaan tenaga baterai lebih sedikit hingga berujung pada pengurangan bobot kendaraan secara utuh.

 Mobil listrik

Ini bukan upaya perdana Dumas memecahkan rekor kecepatan bersama Volkswagen ID R. Sebelumnya mencatatkan rekor di rute tanjakan Pikes Peak serta rekor lap untuk kategori kendaraan listrik di sirkuit Nurburgring, Jerman. "Melaju di rute pegunungan Tianmen Mountain dan mencatat waktu dengan mobil listrik menjadi perjalanan paling spektakuler saya sejauh ini," kata Dumas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini