Produsen General Motor Kembangkan Mobil Militer Ringan Muat Banyak

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 03 September 2019 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 03 52 2100125 produsen-general-motor-kembangkan-mobil-militer-ringan-muat-banyak-CHDqmgVI17.jpg General Motors kembangkan mobil militer (foto: Autoevolution)

WASHINGTON DC - Pekan lalu menjadi saat Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army) mengumumkan proyek kendaraan angkut generasi terbaru untuk skuat infanterinya. Sejumlah perusahaan mendapat kucuran dana USD1 juta atau Rp14,3 miliar untuk mengembangkan kendaraan berspesifikasi militer tersebut.

Syarat utama yang diminta oleh angkatan bersenjata tersebut adalah kemampuan untuk dapat mengangkut hingga sembilan orang prajurit dalam kecepatan tinggi. Baik ketika menempuh rute jalan beraspal maupun saat menembus medan dengan karakter off-road.

 Mobil militer general motor

Kendaraan pengangkut skuat infanteri (ISV) itu juga harus cukup ringan untuk dibawa melalui jalur udara. Baik dengan bantuan sling yang berasal dari Helikopter Uh-60 Blackhawk maupun untuk dapat masuk ke dalam ruang kargo CH-47 Chinook dalam situasi perang.

 Mobil militer

General Motor (GM) sebagai salah satu perusahaan yang berminat dalam pengembangan ini sudah mengajukan rancangan utama. Mereka bersiap mengembangkan kendaraan untuk kebutuhan militer ini dengan basis varian kendaraan Chevrolet Colorado serta ZR2 Bison.

Melalui anak perusahaannya, GM Defense, seperti dilansir oleh laman autoevolution, kebanyakan komponen berasal dari model ZR2 Bison yang mirip dengan versi komersial. Komponen itu antara lain pelat bagian bawah bodi, lengan ayun depan, hingga steel driveshaft.

 Mobil militer general motor

Dapur pacu yang nanti akan menyertai kendaraan ini berkapasitas 2.8 L dengan bahan bakar diesel. Perkiraan kekuatan maksimal dari model komersialnya sendiri mencapai 186 hp yang tersalurkan menggunakan sistem transmisi otomatis enam percepatan.

Masi ada dua nominasi kendaraan lain yang akan diuji bersamaan dengan ISV berbasis ZR2 Bison itu pada periode akhir tahun ini. US Army sendiri mengeluarkan rencana untuk membeli 650 kendaraan angkut skuat baru, untuk mulai menggantikan kendaraan mobilitas lapangan (GMV) keluaran Flyer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini