nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Supercar Hybrid Racikan Lamborghini Bertenaga 808 Hp, Ludes Terjual

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 17:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 05 52 2101084 supercar-hybrid-racikan-lamborghini-bertenaga-808-hp-ludes-terjual-XYHlneOPOZ.jpg Lamborghini ciptakan sejarah dengan merilis unit supercar hybrid perdananya (Foto: Okezone.com/Istimewa)

MILAN - Lini kendaraan super keluaran Lamborghini secara resmi bertambah dengan kehadiran model baru berteknologi hybrid. Produsen asal Italia itu memberi mobil super terelektrifikasi perdananya dengan nama Sian.

Secara resmi model tersebut akan menjalani debutnya pada ajang Frankfurt Motor Show pekan depan. Namun, Lamborghini memilih untuk lebih dulu membuka selubung produk ini, setelah 63 unit mobil yang diproduksi sudah terjual.

Lambborghini Sian 

Mesin utama yang diletakkan Lamborghini pada kendaraan ini masih sama dengan milik model Aventador. Yakni, bertipe V12 berkapasitas 6.5 L yang berkekuatan maksimal sebesar 774 hp. Peningkatan kekuatannya mencapai 15 hp berkat pemakaian komponen kepala silinder baru berbahan titanium.

Mesin tersebut dikombinasikan dengan powertrain hyrid 48 V yang dapat memberi tambahan kekuatan hingga 34 hp. Sehingga, total kekuatan optimal dari Lamborghini ini dapat mencapai 808 hp. Kekuatan dari motor listrik tersebut akan tersalur melalui transmisi ketika kendaraan tersebut bermanuver mundur dalam kecepatan rendah atau saat parkir.

Berbeda dengan teknologi hybrid pada umumnya, Lamborghini Sian akan memakai kapasitor super sebagai pengganti paket baterai, untuk menyimpan tenaga listrik. Kapasitor ini juga dapat menyimpan tenaga hasil regeneratif momentum deselerasi mobil ketika mengerem.

Penerapan teknologi hybrid pada kendaraan ini rupanya memiliki dampak pada percepatan kendaraan secara umum. Waktu yang dibutuhkan oleh mobil ini dari diam hingga menyentuh 100 Kpj berada di bawah tiga detik. Sedangkan, mobil ini memiliki kecepatan maksimalnya mencapai 342 km/jam.

 Lambborghini Sian

Manfaat penggunaan motor listrik dalam mobil super ini juga terlihat pada respon perpindahan transmisi, hingga peningkatan traksi saat melaju dalam kecepatan rendah. "Peluncuran mobil ini menandakan kesiapan kami menghadapi tantangan menyediakan teknologi hybrid yang tepat untuk sebuah mobil super," kata Chief Technical Officer Lamborghini, Maurizio Reggiani.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini