nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lebih Efisien Gunakan BBM dengan Gaya Berkendara Eco Driving

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 23:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 05 87 2101260 begini-tips-hemat-berkendara-dalam-perjalanan-ala-suzuki-YIuWEQoDNr.jpg Suzuki menyuarakan pengendara lebih hemat BBM dengan gaya berkendara Eco Driving (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Ketergantungan terhadap bahan bakar fosil melalui penggunaan kendaraan bermotor, menjadi faktor polusi udara akibat emisi gas buang. Pilihan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar minyak secara perlahan dapat dimulai dengan mengganti gaya berkendara yang agresif menjadi lebih irit.

Sejalan dengan program pemerintah yang ingin mengurangi dampak emisi, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyerukan sejumlah kebiasaan yang patut diubah oleh pengendara. Langkah tersebut tergolong mudah untuk mulai bergeser dari gaya berkendara agresif menjadi lebih kalem.

 Suzuki Ertiga

Gaya berkendara dengan tajuk Eco Driving ini dibuktikan langsung dalam perjalanan bertajuk All New Ertiga Tripventure beberapa waktu lalu. All New Ertiga yang dikendarai peserta sukses mencatatkan penggunaan BBM fantastis. Untuk varian All New Ertiga bertransmisi manual, rekornya sebesar 33,5 kilometer per liter sementara transmisi otomatis sanggup mencapai nilau 29,67 kilometer per liter.

Sejumlah tips dianjurkan Suzuki kepada pengemudi kendaraan bermotor atau mobil secara mudah untuk menghemat penggunaan bahan bakar, utamamnya dalam perjalanan jauh. Selain itu, beberapa saran ini terbilang mudah untuk diingat serta dapat menjadi patokan berkendara hemat energi di masa depan.

Melakukan akselerasi secara perlahan berdampak cukup signifikan dalam penggunaan BBM saat berkendara. Berada pada akselerasi 20 km/jam selama lima detik saat mulai melaju, bisa memberi perbedaan penggunaan hingga 11 persen.

Hal lain yang bisa dimanfaatkan dari kebiasaan mesin untuk mengurangi pemakaian BBM, yakni pengoptimalan engine brake. Penggunaannya secara positif dapat membuat penggunaan bahan bakar menurun sekitar dua persen. Hal ini bisa terjadi saat pengendara melepas/tidak menekan pedal akselerator.

 Suzuki Ertiga

Faktor lain yang dapat mengurangi penggunaan bahan bakar adalah memastikan mesin dipanaskan dalam waktu yang pas sebelum digunakan. Begitu juga jika kita meninggalkan kendaraan dalam kondisi menyala selama lebih dari 10 menit. Keputusan itu sudah membuang sekitar 150cc bahan bakar per 10 menit.

Mempelajari rute perjalanan serta situasi di sekitar area tujuan, hebatnya dapat memberi pengemudi terhadap efisiensi pemakaian bahan bakar. Situasi lalu lintas perjalanan yang padat maupun kesulitan memperoleh lokasi parkir juga memberi andil pada borosnya penggunaan BBM karena kendaraan terjebak cukup lama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini