nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Baru Meluncur, Mobil Esemka Bima Punya Kembaran di Tiongkok

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 07 September 2019 13:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 07 52 2101842 baru-meluncur-mobil-esemka-bima-punya-kembaran-di-tiongkok-We11o1M8uC.jpg Model Esemka Bima saat sedang ditinjau oleh Presiden Jokowi Jumat (6/9/2019) lalu (Foto: Okezone.com/pool)

JAKARTA - Belum lama berselang sejak fasilitas pabrikannya diresmikan oleh Presiden Jokowi, terdengar kabar negatif terkait mobil Esemka Bima. Belakangan ditemukan bahwa model kendaraan komersial tersebut memiliki kemiripan dengan kendaraan Changan Star Truck buatan Tiongkok.

Sekilas kesamaan bentuk dan komponen terlihat dari segi eksterior. Bahkan proporsi antara bentuk pintu hingga bagian belakangnya mirip. Tidak mengherankan jika sejumlah pengguna media sosial menyebut kendaraan rilisan Esemka merupakan rebadge dari model Star Truck itu.

 Mobil Esemka

Varian kendaraan Changan Star Truck sendiri memiliki ciri lain yang membuatnya memiliki kemiripan dengan model Bima keluaran Esemka. Kendaraan ini menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.2 L dengan tipe I4 E-power DOHC. Spesifikasi yang digendong Changan Star Truck pun senada dengan kabar tipe mesin yang digendong model perdana keluaran Esemka tersebut.

Tenaga maksimal dari mesin tersebut, seperti diklaim Changan dari laman resminya, mencapai 72 kW atau 96 Hp. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 119 Nm yang tersalur menggunakan transmisi manual lima percepatan dan berpenggerak roda belakang.

 Mobil Esemka

Tidak hanya merakit model Bima, pabrikan bernama lengkap PT Solo Manufaktur Kreasi berencana akan memproduksi tiga varian lain dalam lini kendaraan buatannya. Esemka Bima sendiri akan dijual dengan harga Rp95 juta off the road, atau berada di bawah rentang harga kendaraan komersial merk Jepang.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini