nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Pemanfaatkan Mobil Listrik dalam Situasi Bencana

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 07 September 2019 15:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 07 52 2101889 mengenal-pemanfaatkan-mobil-listrik-dalam-situasi-bencana-XGAFOLVevG.jpeg Deretan unit Outlander PHEV keluaran Mitsubishi Motors Corporation (Foto: Okezone.com/Istimewa)

TOKYO - Pemanfaatan kendaraan berteknologi elektrifikasi tidak hanya berlangsung di ranah transportasi sehari-hari. Fleksibilitas mesin serta sumber tenaganya dapat menjadi penunjang penanganan bencana alam, seperti yang diterapkan produsen Mitsubishi di negara asalnya, Jepang.

Model yang disiapkan sebagai kendaraan tanggap bencana tersebut berupa Mitsubishi Outlander PHEV dan mobil bertenaga listrik penuh, i-MiEV. Kendaraan berteknologi PHEV memiliki kelebihan untuk dapat beroperasi sebagai mobil tanggap bencana.

 Mitsubishi Outlander PHEV

Sistem penggerak semua roda (AWD) pada mobil tersebut dapat menembus medan yang terdampak bencana alam. Pilihan sumber tenaga listrik selain bensin membuat pengendara dapat mengendalikan pemakaiannya saat berkendara di situasi darurat.

Kegunaan lain terdapat pada motor listrik yang dirangkai dalam mesin kendaraan tersebut. Ia bisa berguna sebagai sumber pembangkit listrik sementara, dengan fungsi dua arah yang terdapat pada teknologi catu daya CHAdeMO.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini