Share

Miliki Fungsionalitas Tinggi, Mobil AMMDes Jadi 'Pilot Project' di Banten

Mufrod, Okezone · Sabtu 07 September 2019 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 07 52 2101920 ammdes-pengumpan-ambulans-jadi-pilot-project-di-banten-OCoKXisVXM.jpg Mobil AMMDes ambulan jadi pilot project di Banten (foto: Ist)

JAKARTA - Mobil AMMDes (Alat Mekanis Multiguna Pedesaan) kembali difungsikan sebagai kendaraan darurat kesehatan. Namun secara fungsi kendaraan yang dikembangkan anak bangsa ini digunakan sebagai kendaraan pengumpan di wilayah pelosok yang tak bisa dijangkau mobil ambulan pada umumnya.

"Mobil AMMDes ambulan sendiri akan menjadi alat transportasi rujukan kesehatan untuk membantu masyarakat dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Lebak, Banten," Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin, Putu Juli Ardika di Lebak, Banten, Selasa (16/7).

 mobil AMMDes

Putu menjelaskan, sejak diluncurkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada Agustus 2018, pengembangan AMMDes mengalami kemajuan yang luar biasa dan telah memasuki tahap produksi massal serta terbukti mampu memenuhi berbagai kebutuhan aktivitas peningkatan ekonomi masyarakat di pedesaan.

 mobil AMMDes

Tak hanya sebagai kendaraan multifungsi, Kemenperin juga mengembangkan AMMDes sebagai kendaraan pendukung bagi kegiatan usaha masyarakat, antara lain AMMDes untuk produksi air bersih dan air minum bagi penanganan bencana di Sulawesi Tengah, AMMDes untuk pengangkutan pisang di Lampung, serta AMMDes untuk kebutuhan penyosohan beras di Jawa Tengah.

“Jadi, berbagai aplikasi AMMDes yang sudah dikembangkan, di antaranya untuk penjernih dan air minum, ambulance feeder, penyosoh beras, pompa irigasi, generator listrik, pembuat ice flake, pengolah kopi dan pascapanen pisang,” sebutnya.

 Mobil AMMDes

Presiden Direktur PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) Reiza Treistanto menyampaikan, AMMDes mempunyai model dasar yang dilengkapi dengan flat deck dan fitur power take off (PTO).

“Mesin diesel yang digunakan pada model ini telah mengalami penyesuaian untuk mendapatkan performa yang lebih baik di medan off road dan berbukit,” jelasnya. Model ini juga mengaplikasikan sistem penggerak tunggal yang dirancang dengan kecepatan maksimal 30 km per jam dan kapasitas silinder sebesar 650 cc atau setara dengan 14 HP.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini