nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Hanya Bima, Model Mobil Esemka Ini Juga Miliki Kembaran

Mufrod, Jurnalis · Sabtu 07 September 2019 19:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 07 52 2101931 tak-hanya-bima-model-mobil-esemka-ini-juga-miliki-kembaran-WiZFvxvVjc.jpg Mobil Esemka Garuda 1 (foto: Ist)

JAKARTA - Mobil Esemka Bima yang baru saja diluncurkan, mendadak menjadi banyak perbincangan banyak orang. Mobil jenis pikap yang menjadi model perdana yang diluncuran PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) tersebut ternyata memiliki model yang sama dengan kendaraan asal China.

Namun cerita tersebut bukan pertama kalinya, beberapa model Esemka memiliki kesamaan dengan produk China. Jauh sebelum pabrik Esemka di Boyolali dibangun, sebuah SUV yang kuat diperkirakan sebagai model Esemka tertangkap kamera tengah digendong mobil towing.

 Mobil Esemka Garuda 1

Mobil SUV berwarna putih dengan tulisan Garuda 1 tersebut juga memiliki kemiripan dengan mobil buatan China, Foday Land Fort. Bahkan keduanya memiliki kemiripan yang tak jauh berbeda antara produk China dengan mobil yang dirakit di Indonesia tersebut.

 Mobil Esemka Garuda 1

Namun jika dilihat lebih seksama, ada sejumlah kemiripan dengan mobil buatan China, Foday Land Fort. Berikut 4 sisi mirip SUV Esemka dengan mobil China yang tampak dari belakang:

1. Spoler tampak mirip, apalagi keduanya dilengkapi lampu yang tampak sama.

2. Bentuk kaca belakang juga mirip dengan ukuran wiper yang terlihat serupa.

3. Stop lamp modelnya mirip dengan penempatan yang sama.

4. Lampu tambahan di bemper belakang tampak sama dengan penempatan yang sama juga.

Tahun lalu, mobil Esemka dikabarkan akan diluncurkan oleh PT Adiperkasa Citra Lestari (Aceh) yang dikomandani mantan Kepala Badan Intelejen Negara, AM Hendropriyono.

 Mobil Esemka Bima

Hendropriyono sendiri tahun lalu berencana menggandeng produsen mobil asal Eropa atau China. Namun kini Esemka telah resmi berdiri dengan memiliki fasilitas perakitan di Boyolali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini