Cuma Diproduksi 10 Unit, Motor Ini Lebih Mahal dari Fortuner

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 07 September 2019 20:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 07 53 2101954 lebih-mahal-dari-fortuner-motor-ini-cuma-diproduksi-10-unit-Mh51kBOj4z.jpg Model Aprilia RSV4 X mulai dikirim ke pelanggan pada pekan ini (Foto: Okezone.com/Istimewa)

VENEZIA - Perayaan tahun ke-10 kehadiran model Aprilia RSV4 pada Maret lalu diwarnai dengan peluncuran varian spesial. Total sebanyak 10 unit varian istimewa RSV4 X tersebut dijual ke masyarakat, dan ludes hanya dalam waktu beberapa jam saja.

Produsen asal Italia itu menyatakan sudah siap melakukan pengiriman kesepuluh unit yang telah selesai dirakit, langsung dari pabrik mereka. Aprilia menyebut motor ini cocok bagi konsumen yang ingin berkompetisi di tingkat tinggi atau merasakan performa optimal di lintasan aspal.

 Aprilia RSV4 X

Edisi khusus Aprilia RSV4 X sendiri memakai mesin dengan tipe V4 berkapasitas 1.078 cc. Motor dengan berat bersih 165 kg ini mampu meletupkan kekuatan hingga 225 Hp, atau meningkat dari versi standar yang mampu mencapai 217 hp.

Salah satu hal unik dalam motor ini terdapat pada bagian transmisi, yakni ketiadaan gigi netral. Teknologi transmisi tanpa gigi netral Aprilia (ANN) itu merupakan adaptasi dari sistem serupa yang mereka pakai pada motor balap sekelas World Superbike (WSBK) atau MotoGP.

Penempatan teknologi sekelas balap juga terlihat pada komponen rem serta suspensi yang dipakai pada varian RSV4 X ini. Sepasang cakram baja terpasang dengan dukungan kaliper billet berlabel GP4-MS buatan Brembo untuk memberi pengendalian penuh pada pengendara.

Aprilia dalam rilisnya menyebut produksi motor ini menerjemahkan batasan yang sudah mereka buat dalam performa di ajang balap. "Ini menjadi contoh terbaik bagaimana pengalaman juara Departemen Balap Aprilia mendukung penggunanya untuk tampil maksimal, termasuk sejarah tujuh kali juara WSBK," ujar rilis tersebut.

 Aprilia RSV4 X

Banderol motor yang diproduksi terbatas ini mencapai angka 40 ribu Euro atau setara Rp626 juta. Label harga itu lebih mahal dari unit terbaru SUV Toyota Fortuner tipe 2.4 G DSL. Beberapa nama terkenal dikabarkan menjadi pembeli motor spesial tersebut. Salah satunya legenda WSBK dan MotoGP asal Italia, Max Biaggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini