nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polusi Udara Berdampak ISPA, Menkes Dukung Mobil Listrik di Indonesia

Mufrod, Jurnalis · Minggu 08 September 2019 00:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 08 52 2101987 polusi-udara-berdampak-ispa-menkes-dukung-mobil-listrik-di-indonesia-PJCIyfNCFA.jpg Menteri Kesehatan saat tinjau mobil AMMDes (foto: Mufrod/Okezone)

JAKARTA - Polusi udara yang sebagian disumbangkan oleh emisi kendaraan bermotor, berdampak pada risiko kesehatan warga ibu kota. Bahkan Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengungkap adanya kenaikan jumlah penderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Akibat permasalahan tersebut, Menkes sangat mendukung terhadap rencana pemerintah yang akan terus mendorong hadirnya mobil listrik di Indonesia. Dengan hadirnya mobil listrik akan berkontribusi terhadap berkurangnya polusi udara yang ditimbulkan dari asap kendaraan.

 Menkes saat meninjau AMMDes

Polusi udara menurut Menkes tak hanya soal ISPA, beberapa penyakit lain yag bisa ditimbulkan oleh polusi udara yakni kanker, iritasi mata hingga gangguan jantung, kondisi tersebut juga akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh bagi manusia.

 Mobil AMMDes

"Pencegahannya, saya menyarankan masyarakat Jakarta untuk mengenakan masker setiap beraktivitas di luar ruangan, atau bila perlu tidak perlu keluar rumah jika diperlukan," tutur Nila saat meninjau kendaraan AMMdes di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Jakarta Sabtu (7/9/2019).

Terhadap risiko yang ditimbulkan tersebut, Menkes sangat berharap Indonesia mampu segera mewujudkan hadirnya kendaraan listrik sebagai langkah mengurangi polusi udara, sehingga warga mendapatkan udara yang lebih segar tanpa polusi bagi kesehatannya.

Dalam kesempatan yang sama, Menkes juga meninjau langsung mobil AMMDes yang menjadi kendaraan multifungsi dimana dalam kesempatan tersebut, Nila Moeloek meninjau mobil ambulan AMMDes yang berfungsi sebagai kendaraan pengumpan bagi masyrakat pedalaman yang tidak bisa terjangkau mobil ambulan pada umumnya.

 Mobil AMMDes

Selain itu, Menkes sangat tertarik terhadap mobil AMMDes yang mampu menyuling payau hingga air laut yang aman untuk diminum. Mobil AMMDes tersebut dinilai Menkes bisa berkontribusi bagi rakyat Indonesia ditengah masa kekeringan maupun wilayah yang kekurang air bersih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini