Generasi Terbaru MINI Traveller Akan Gunakan Model BMW i3

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 08 September 2019 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 08 52 2102079 generasi-terbaru-mini-traveller-akan-gunakan-model-bmw-i3-6W1q5lvPAv.jpg MINI menargetkan meluncurkan sejumlah model baru hingga 2023 nanti. (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LONDON - Niatan produsen MINI untuk membangkitkan model Traveller menemukan jalan terang. Varian tersebut akan mulai dibangun dengan menggunakan platform produksi FAAR milik induk perusahaan mereka, BMW. Basis tersebut dapat mendukung sistem penggerak roda depan maupun semua roda.

Kebutuhan untuk membangun kembali model Traveller terungkap dengan adanya pangsa pasar konsumen keluarga dari MINI. Mereka disebut membutuhkan kabin lebih lapang dari Clubman dan Countryman, serta karakter mobil yang lebih serbaguna untuk dipakai dalam keseharian.

 BMW i3

Pengembangan ini akan disertai persiapan terhadap tiga pilihan sumber tenaga atau mesin. Yakni tipe mesin kombusi internal, plug-in hybrid, serta kemungkinan elektrifikasi sepenuhnya pada model Traveller. Opsi terakhir, menurut laman Autocar, akan dikembangkan bersamaan dengan model BMW i3 generasi berikut.

Dalam perjalanan pengembangan model listrik MINI Traveller tersebut, ada kemungkinan percobaan penerapan teknologi sel baterai terbaru dari BMW. Penggunaan paket baterai dengan sel tersebut dapat memberi perkiraan jarak jelajah mencapai 400 kilometer.

Kesediaan penggunaan platform produksi FAAR milik BMW ini menjadi bagian strategi global pengembangan produk mereka dalam dua area besar. Platform lain yang akan mendukung proses produksi BMW Group untuk kendaraan kelas pemula, sedang disuapkan atas kerjasama dengan Great Walls Motors asal Tiongkok.

Informasi awal terkait pengembangan model MINI Traveller ini juga menyebut adanya kemungkinan tiga lokasi produksi. Fasilitas pabrik Born, Belanda; Zhangjiagang, Tiongkok; hingga pabrik utama mereka di Oxford, Inggris. Sementara perakitan komponen lain akan diteruskan di India, Malaysia, dan Thailand.

 Mini Cooper SE

Tidak sekadar mempersiapkan model baru ini, MINI juga berencana memunculkan varian lain. Sebanyak dua model baru yang terbilang krusial direncanakan meluncur pada akhir 2023 mendatang. Hal tersebut bertujuan meningkatkan kembali minat konsumen pada lini kendaraan MINI, yang total terjual sebanyak 361.531 unit sepanjang 2018.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini