nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tilang Canggih Gunakan Teknologi AI Bisa Ketahui Semua Data Kendaraan

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 08 September 2019 20:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 08 53 2102194 tilang-canggih-gunakan-teknologi-ai-bisa-ketahui-semua-data-kendaraan-NJsAanXmcD.jpg Pengendalian pelanggaran lalu lintas kini dapat terbantu teknologi (Foto: Okezone.com/Dede Kurniawan)

JAKARTA - Pengembangan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) kini sudah dapat diterapkan dalam ranah lalu lintas. Seperti yang ditunjukkan oleh salah satu pengembang aplikasi AI, Delligence, dalam tayangan yang mereka unggah di media sosial.

Salah satu aplikasi buatan pengembang tersebut bertajuk Automatic License Plate Rocognition (ALPR). Program tersebut mempunyai fungsi utama membaca nomor yang tertera pada pelat di kendaraan bermotor. Selanjutnya, ia akan memperoleh informasi tambahan dari pemindaian tersebut.

 ALPR

Pemindaian yang dilakukan dalam tayangan tersebut menyasar pada pelat nomor kendaraan pada sepeda motor. Hasil dari pemindaian identitas kendaraan tersebut menunjukkan informasi lanjutan seperti seperti golongan nomor ganjil/genap, asal daerah kendaraan itu, serta golongan warna pelat motor itu.

Pemindaian pelat nomor pada sepeda motor memiliki kendala tersendiri dibandingkan membaca identitas milik mobil. Terutama dengan ukuran pelat kendaraan yang lebih kecil, risiko kerusakan, hingga modifikasi dari pihak pengendara pada identitas kendaraan bermotor miliknya.

 Tilang

Keberadaan aplikasi ini sebenarnya memudahkan penggolongan sepeda motor dalam kondisi tertentu. Misalnya untuk menunjang sistem pembatasan parkir atau alur keluar masuk kendaraan berdasarkan golongan ganjil/genap serta daerah asalnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini