nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Toyota Siapkan Platform Sasis Baru untuk Yaris & Vios

Medikantyo, Jurnalis · Senin 09 September 2019 11:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 09 52 2102360 toyota-siapkan-platform-sasis-baru-untuk-yaris-vios-6Fu21ZzUXU.jpg Platform mobil Toyota baru TNGA-B (foto: Ist)

JAKARTA - Regenerasi dilakukan oleh Toyota berkaitan dengan platform produksi lini kendaraan mereka. Mereka mengungkapkan akan menggunakan platform produksi TNGA-B baru untuk merakit kendaraan kelas sub-kompak. Penggunaan sasis terbaru ini akan diberlakukan untuk kendaraan kecil di masa mendatang.

Model seperti Toyota Yaris dan Vios generasi mendatang disebut termasuk dalam daftar rencana produk dengan pemakaian model sasis baru ini. Platform produksi yang mereka pakai saat ini sejatinya sudah menginjak masa pakai enam tahun. Periode selama itu dirasa cukup bagi Toyota untuk melakukan perubahan signifikan.

 Platform baru Toyota

Produsen asal Jepang itu membagikan sejumlah poin penyegaran dalam rilisnya, seperti dikutip oleh laman Autoindustriya. Keberadaan penyegaran ini menyangkut hal teknis pada kendaraan maupun peningkatan kenyamanan berkendara kepada pengguna. Gambaran tersebut jadi petunjuk pengembangan fitur mobil kompak Toyota.

Posisi duduk pada model kendaraan segmen B terlihat dibuat lebih rendah, sehingga memungkinkan adanya penambahan ruang kepala pengemudi maupun penumpang. Begitu juga pergeseran pada posisi kemudi dengan perkiraan pemasangan fitur penyesuaian teleskopik, yang melambangkan pemaksimalan fitur interior kendaraan.

 platofrm mobil

Pembaruan platform ini menunjukkan adanya pengubahan pada bagian suspensi depan dengan pemakaian McPherson strut dengan peredam getaran minim friksi. Sasis modular anyar ini juga menjadikan segmen kendaraan kompak Toyota menggunakan suspensi belakang model torsion beam atau multilink.

Toyota juga mengisyaratkan faktor fleksibilitas dan multiguna dari sasis ini. Termasuk perbedaan tinggi kendaraan yang akan diproduksi nantinya. Selain itu, produsen asal Jepang tersebut dikabarkan menyiapkan rancangan eksterior berbeda untuk kendaraan kompaknya sehingga tidak akan berbagi ciri tampilan secara mendetail.

 Toyota Yaris

Belum ada gambaran jelas mengenai periode penggunaan awal platform ini untuk produksi kendaraan Toyota secara luas. Mereka pun tidak menyertakan sketsa bodi mobil masa depan secara utuh. Namun, rumor menyebut proses produksi mobil baru akan berlangsung dalam kurun waktu dua tahun ke depan.

1
2

Berita Terkait

Toyota

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini