nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Segini Perkiraan Harga Nissan Leaf dengan Dukungan Insentif Pemerintah

Medikantyo, Jurnalis · Senin 09 September 2019 18:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 09 52 2102539 segini-perkiraan-harga-nissan-leaf-dengan-dukungan-insentif-pemerintah-zej5Xo0PDO.jpg Mobil listrik Nissan Leaf (Foto: Memed/Okezone)

KARAWANG - Adanya dukungan berupa insentif dalam pembelian kendaraan elektrifikasi dari pemerintah disebut berdampak besar pada kehadiran mobil listrik. Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi mengibaratkan skema serupa diluncurkan oleh pemerintah Jepang kepada konsumen mobil listrik.

Sokongan berupa potongan harga langsung yang diberikan oleh pemerintah Jepang secara umum bernilai sekitar USD5 ribu. Potongan tersebut bisa bertambah besar jika salah satu daerah memiliki agenda tertentu untuk mendorong warganya untuk beralih menggunakan kendaraan terelektrifikasi.

 Nissan Leaf

Daerah yang terlihat menggelontorkan insentif tambahan kepada masyarakat adalah pemerintah daerah metropolitan Tokyo, yang sedang mengedepankan citra sebagai kota ramah lingkungan. "Mereka berani menambahkan tambahan insentif berupa subsidi sebesar USD2 ribu. Sehingga warga Tokyo dapat insentif senilai USD7 ribu saja dari kebijakan pemerintah untuk membeli mobil listrik," ujar Isao.

Insentif berupa subsidi langsung ini bisa mendukung keterjangkauan masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan elektrifikasi di masa mendatang. "Sebagai gambaran harga produk Nissan Leaf bermula dari kisaran Rp350 juta. Rentang harga tersebut tanpa adanya insentif akan sulit digapai oleh latar belakang ekonomi berbeda di Indonesia," kata Isao menambahkan.

 Mobil listrik

Isao turut menuturkan bagaimana masyarakat sudah meminta pihaknya mengumumkan perkiraan harga jual Nissan Leaf dalam waktu dekat. Terlebih dengan tampilnya kendaraan elektrifikasi itu dalam sejumlah ajang pameran seperti GIIAS dan IEMS beberapa waktu lalu. "Mereka minta dihubungi langsung jika kami sudah siap meluncurkannya secara luas," ujarnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini