nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ratusan Kendaraan Otonom Disiapkan Jelang Olimpiade 2020

Medikantyo, Jurnalis · Senin 09 September 2019 23:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 09 52 2102717 ratusan-kendaraan-otonom-disiapkan-jelang-olimpiade-2020-X40ttNhLYO.jpg Kendaraan otonom akan mengantarkan pengunjung di Olimpiade 2020 (Foto: Okezone.com/Istimewa)

TOKYO - Tema besar penerapan teknologi mutakhir dalam Olimpiade Tokyo 2020 juga diwujudkan dalam mobilitas peserta dan pengunjung gelaran tersebut. Bahkan, pada Juli 2020 nanti sebanyak 100 unit kendaran otonom bersiap memulai misinya mengantar 7.000 penumpang dalam sepekan, seperti dikutip dari laman JapanTimes.

Wacana ujicoba operasional kendaraan otonom tersebut terlontar dari Direktur Program, Seigo Kuzumaki. Persiapan menurutnya dilakukan oleh berbagai pihak termasuk produsen ternama seperti Toyota dan Nissan. Beserta dukungan dari pihak manufaktur hingga startup teknologi untuk mengembangkan teknologi tersebut.

 Tokyo 2020

Ambisi dalam pengembangan teknologi kendaraan otonom Jepang muncul, seiring rencana ujicoba mobil tanpa pengemudi terbesar ini. Ajang besar seperti Olimpiade akan menjadi lahan pembuktian keandalan mobil otonom sebagai solusi mobilitas masa depan.

Tidak hanya akan mengantarkan pengunjung dari dan menuju berbagai arena pertandingan yang ada. Kendaraan otonom juga akan terlibat dalam kegiatan jelang Olimpiade termasuk pawai obor. Namun, diwacanakan proses keterlibatan tersebut akan didampingi mekanik untuk mencegah insiden fatal.

 Mobil Otonom Toyota

Permulaan wacana ujicoba terbuka di ruas jalan umum akan berlangsung dengan melibatkan total 28 perusahaan serta institusi terkait hingga 2022 mendatang. Jika rencana ujicoba kendaraan otonom ini berlangsung sukses, negara ini akan melanjutkan sasaran besarnya memproduksi kendaraan otonom secara massal pada 2025 nanti.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini