nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

VW Luncurkan Mobil Listrik Perdana, Simak Modelnya

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 10 September 2019 13:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 10 52 2102897 vw-luncurkan-mobil-listrik-perdana-simak-modelnya-ONYRKGNoZu.jpg Volkswagen mempunyai calon model ikonik setelah Beetle dan Golf dalam wujud ID 3 (Foto: Okezone.com/Istimewa)

FRANKFURT - Tahapan baru bagi Volkswagen mengambil titik mula dengan peluncuran model kendaraan elektrifikasi dengan tajuk, ID 3. Produsen asal Jerman itu dalam peluncuran yang berlangsung Senin (9/9/2019), menyebut varian ini sebagai produk penting. Hal tersebut mengacu pada sebelumnya yakni Beetle dan Golf, dengan status ikonik dalam lini kendaraan Volkswagen.

Model ini menjadi yang pertama diproduksi menggunakan platform baru MEB milik Volkswagen. Modular produksi tersebut khusus dikembangkan untuk membuat seluruh kendaraan elektrifikasi buatan Volkswagen di masa mendatang. Selain deretan model ID, platform itu juga akan dipakai produsen lain dalam naungan Volkswagen Group.

 Volkswagen ID3

Catatan penting dari pemakaian platform ini adalah ruang dalam kabin kendaraan listrik seperti ID 3. Model ini memiliki ukuran 3 mm lebih panjang serta 60 mm lebih tinggi dibandingkan varian Volkswagen Golf terkini. Sementara, ukuran bagasinya menyamai kendaraan kompak tersebut dengan kapasitas 380 liter.

Secara teknis terdapat tiga pilihan kapasitas baterai yang menyertai model Volkswagen ID 3 yakni 45 kWh, 58 kWh, dan 77 kWh. Ketiganya tentu memberi daya jarak jelajah beragam mulai dari 418 hingga 550 kilometer dalam kondisi optimal. Kapasitas pengisian daya ulang ketiga tipe tersebut juga beragam dari rentang 50 kW hingga 125 kW.

Motor listrik pada kendaraan ini akan terpasang pada bagian belakang dengan kisaran kekuatan maksimal mulai 150 Hp (model 45 kWH) hingga 203 Hp (model 58 dan 77 kWh). Keluaran tenaga dari motor listrik ganda tersebut akan tersalur dengan transmisi otomatis bersistem penggerak roda belakang.

 Volkswagen ID3

Nuansa desain interior yang terkesan sederhana membuat suasana kabin Volkswagen ID 3 terkesan lapang serta lega. Tampilan tersebut disertai dengan layar kendali pusat informasi dan hiburan berukuran 10 inci. "Tampilan tersebut merupakan wujud adanya revolusi internal kami dalam membentuk interior kendaraan masa depan," ujar Kepala Desainer Volkswagen, Klaus Bischoff.

Volkswagen akan lebih dulu meluncurkan varian dengan paket baterai 58 kWh di berbagai negara Eropa. Pemesanan model ID 3 sendiri baru akan berlangsung tahun depan, dengan perkiraan pengiriman berlangsung pada Oktober 2020. Sementara untuk wilayah Inggris, seperti dikutip Autocar, Volkswagen membanderol mobil listriknya ini sebesar 27.500 paun atau sekitar Rp475 juta.

Volkswagen ID3

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini