nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Truk Rem Blong Kembali Terjadi di Cipularang, Ini Penyebabnya

Mufrod, Jurnalis · Selasa 10 September 2019 16:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 10 52 2103039 truk-rem-blong-kembali-terjadi-di-cipularang-ini-penyebabnya-rHXlbS3fL2.jpg Kecelakaan Cipularang (Foto: Ist)

 

JAKARTA - Kecelakaan kembali terjadi di ruas tol Cipularang yang melibatkan dua unit truk yang salah satunya mengalami rem blong. Kejadian ini sama seperti kecelakaan yang sebelumnya terjadi dan melibatkan 21 kendaraan.

Terjadinya rem blong menurut Didi Ahadi, Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor salah satu akibatnya terjadi karena adanya suhu panas yang memengaruhi minyak rem, sehingga terjadi oksidasi dan menyebabkan pengembunan. Air dari pengembunan tersebut memiliki ruang udara yang bisa menyebabkan tekanan minyak rem ke piston perangkat rem.

 Kecelakaan

Dalam kondisi tersebut, perlu diperhatikan penggunaan minyak rem yang berkualitas untuk menghindari terjadinya rem blong. Pengemudi juga diminta untuk tidak panik dalam kondisi rem blong.

 Kecelakaan Cipularang

"Saat mobil mengalami rem blong, usahakan pengemudi tidak panik dan melakukan beberapa langkah untuk menghentikan laju kendaraan," katanya saat di hubungi Okezone, Selasa (10/9/2019).

Lakukan guncangan pada pedal rem untuk bisa mengembalikan kinerja perangkat rem, jika hal tersebut tidak berhasil pindahkan posisi gear rendah, dan bantu dengan menarik rem tangan secara perlahan.

 Kecelakaan Cipularang

Namun jika jarak henti laju kendaraan tidak ideal karena ada kendaraan lain yang berisiko terjadinya tabrakan. Pengemudi dianjurkan mengarahkan kendaraan ke benda lunak yang bisa menjadi tumpuan agar kendaraan berhenti.

"Jika tidak maksimal, pengemudi bisa mencari titik tumpuan benda yang lunak untuk menghentikan kendaraannya, dan dinilai tidak berbahaya saat benturan terjadi," tutup Didi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini