nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMW Cari Alternatif Energi Terbarukan Selain Mobil Listrik

Reven Rumenige, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 18:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 11 52 2103590 bmw-cari-alternatif-energi-terbarukan-selain-mobil-listrik-8eb0aVU9pX.jpg BMW i hyrdrogen (foto: Ist)

STUTTGART - Basis mobil listrik yang mengandalkan baterai saat ini bukanlah sumber energi terbarukan yang bisa dimanfaatkan. Produsen BMW masih berusaha mencari berbagai macam metode elektrifikasi selain tenaga listrik yang tersimpan pada baterai.

Salah satu energi terbarukan yang akan diterapkan dan telah dikembangkan produsen BMW yakni hydrogen. Bahkan produsen Bavarian tersebut telah mengembangkan model sel bahan bakar seperti i Hydrogen Next. Merujuk pada SUV X5 yang ada saat ini untuk membuat mobil masa depan dengan tenaga hidrogen, yang akan di luncurkan pada tahun 2022.

BMW i hydrogen

BMW sendiri pun mempunyai harapan bahwa kendaraan sel bahan bakar dapat terjual pada tahun 2025, namun kondisi tersebut pada permintaan pasar yang menentukan target penjualan model dari BMW hydrogen.

 BMW

Pengembangan bahan bakar hydrogen menjadi pilihan BMW karena dinilai bisa menjadi alternatif terhadap perkembangan mobil listrik yang hingga kini masih terkendala pengisian tenaga baterai yang lama.

Salah satu kelebihan bahan bakar hydrogen selain ramah lingkungan, pengisian bahan bakar bisa dilakukan dengan waktu cepat, sama seperti pengisian bahan bakar minyak saat ini.

 BMW

BMW sendiri melakukan pengembangan model hydrogen bekerjasama dengan Toyota yang lebih dulu mengembangkan mobil hydrogen Mirai sebagai salah satu solusi kendaraan ramah lingkungan untuk kurangi polusi di pasar otomotif global.

Pengerjaan mobil ini bekerja sama dengan Toyota pada tahun 2013 yang mana untuk mengembangkan powertrain menggunakan gas hidrogen. Perlu diketahui bahwa kedua perusahaan ini masih bekerja sama untuk mengembangkan teknologi lebih lanjut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini