nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Mobil Koleksi BJ Habibie Terlangka di Indonesia

Ardimo Harsa, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 10:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 12 52 2103860 3-mobil-koleksi-bj-habibie-terlangka-di-indonesia-C9ueFv4yu7.jpg Mobil presiden Habibie (foto: Ist)

JAKARTA – Presiden ke-3 Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie yang baru berpulang hari ini, selain dikenal sebagai seorang insinyur ulung dan visioner, ternyata juga dikenal sebagai seorang pecinta otomotif. Kala masih menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi, ia sempat mencanangkan proyek mobil Maleo yang terhenti karena krisis moneter pada 1998.

Di kediamannya di Kuningan, Jakarta, ia diketahui memiliki puluhan mobil dan motor. Ia pun dikenal sebagai pecinta merk Mercedez-Benz, terlihat dari kebanyakan isi garasinya yang dipenuhi mobil berlogo bintang ini.

Tak kurang ada 40-an mobil yang dimiliki oleh pria kelahiran Pare Pare ini. Dari keseluruhan mobil koleksinya, ada 3 mobil yang bisa dianggap sangat langka di Indonesia, bahkan di dunia. Berikut 3 mobil super langka milik Habibie:

 Mercedes Benz 600

Mercedes-Benz 600 Pullman

Dikenal juga sebagai ‘Grosser’ atau ‘Grand Mercedes,’ Mercedes Benz 600 terkenal sebagai simbol kemewahan di zamannya. Kerap dijuluki sebagai ‘mobil diktator’ karena dimiliki oleh berbagai tokoh politik seperti Ferdinand dan Imelda Marcos, Saddam Husein, dan Robert Mugabe, mobil ini terkenal karena desainnya yang begitu mewah dan kenyamanannya yang luar biasa.

Untuk melajukan mobil dengan panjang 6,240 mm ini, dikutip dari situs lelang RM Sothesby, mobil ini memiliki mesin sebesar 6.332 cc SOHC dengan sistem injeksi mekanikal dari Bosch, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 245 dk.

 Mobil Habibie

Mobil ini juga dilengkapi dengan suspensi udara yang memastikan kualitas berkendara yang nyaman. Tak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi sistem hidraulik kompleks yang mengoperasikan berbagai fitur di mobil ini seperti power window, kursi, sunroof, bagasi, hingga menutup pintu.

Diketahui dari akun Instagram @mroscarmay, 600 Pullman milik Habibie ini adalah satu-satunya 600 Pullman di Indonesia dari 428 unit yang ada di seluruh dunia.

BMW Z1

Salah satu koleksi mobil unik milik Habibie lainnya adalah BMW Z1. Roadster 2 pintu ini diproduksi dari 1988 hingga 1991.

 Mobil Presiden Habibie

Yang unik dari mobil ini adalah pintunya yang tidak membuka layaknya pintu mobil pada umumnya. Kedua pintu mobil ini membuka dengan turun ke bawah secara elektris. Fitur unik lainnya dari mobil ini adalah panel bodinya yang bisa dilepas pasang.

Urusan dapur pacu, mobil ini ditenagai mesin 2.5 liter 6 silinder segaris berkode M20 yang menyalurkan tenaga ke roda belakang melalui transmisi manual 5 percepatan. Mesin ini bertenaga 168 dk dan menghasilkan torsi 222 Nm.

 Mobil Presiden Habibie

Menurut akun @mroscarmay, terdapat 2 unit Z1 di Indonesia dari kurang lebih 8,000 unit Z1 yang diproduksi dan salah satunya adalah milik Habibie.

Mercedes-Benz 600SEC

Habibie terkenal sebagai penggemar mobil kupe. Maka tak heran jika Mercedes-Benz 600SEC berkode bodi W140 ini juga menjadi salah satu koleksinya.

 Mobil Presiden Habibie

Pertama keluar pada 1993, mobil seberat 2.5 ton ini pada dasarnya adalah versi 2 pintu dari varian S-Class.

Ditenagai mesin V8 berkapasitas 5987cc, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 389 dk dan torsi 569 Nm. Dengan transmisi otomatis 4 percepatan, mobil ini mampu melaju dari 0 ke 100 km/jam dalam 6.3 detik.

 Mobil Presiden Habibie

Fitur mobil ini tergolong mewah di zamannya. Dengan jok kulit dan dashboard berbalut kayu, mobil ini juga dilengkapi pemanas kursi, dual climate control, traction control, dan pengatur tirai otomatis.

@mroscarmay menyebut, terdapat 4 unit 600SEC di Indonesia.

1
3

Berita Terkait

Mobil Presiden

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini