nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bikers Perhatikan Perlengkapan saat Lakukan Touring Perdana

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 16:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 12 52 2104051 bikers-perhatikan-perlengkapan-saat-lakukan-touring-perdana-HxfHkV79Qe.jpg Bikers touring (foto: Ist)

JAKARTA - Berkendara jarak jauh atau touring menjadi kegiatan mengasikkan selama bagi para penggemar sepeda motor. Tak jarang dalam melakukan perjalanan, terdapat biker pemula yang harus memperhatikan kebutuhan dan keamanan selama berkendara.

Minimnya pengalaman terkadang membuat banyak bikers pemula tidak mempersiapkan kebutuhan selama di perjalanan sehingga dapat membuat perjalanan jadi kurang nyaman

Berikut ini beberapa perlengkapan bermotor yang wajib digunakan selama berkendara :

1. Helm

Helm salah satu barang yang wajib digunakan dalam berkendara. Fungsi helm sendiri, untuk melindungi bagian kepala dan wajah pengendara.

 Helm

Pentingnya memilih jenis helm, gunakan jenis helm yang sesuai dengan kondisi jalan yang akan lewati. Bagi Anda yang ingin melakukan Touring, ada baiknya memilih jenis helm full face.

Selain itu, pentingnya mengtahui ukuran helm Anda. Jangan sekali-klai menggunakan helm dengan ukuran sempit ataupun besar, hal tersebut dapat sangat mengganggu Anda dalam berkendara.

2. Jaket

Saat cuaca panas ataupun dingin jaket ini sangat berguna bagi pengendara sepeda motor. Selain sebagai aksesoris, jaket memiliki fungsi yang sangat penting pula dalam hal melindungi.

 Jaket Pengendara motor

Khusus, bagi Anda yang baru saja bergabung dengan komunitas sepeda motor dan ini kali pertama Anda melakukan Touring, mungkin jenis jaket kulit cocok untuk Anda pilih.

Mengapa jaket kulit?

Jaket kulit ini memiliki sifat yang kuat dan tidak tembus angin. Selain itu jenis ini memiliki daya serap keringat yang baik. Untuk itu, pilihlah jaket kulit dengan kualitas yang tinggi agar dapat berfungsi secara baik untuk melindungi Anda dari segala cuaca.

Pentingnya memilih jaket yang cocok Anda gunakan selama Touring, sebaiknya pelajari terlebih dahulu medan jalan yang akan Anda lewati sehingga Anda dapat mempersiapkan perlengkapan bermotor dengan sebaik mungkin.

3. Celana

Perlengkapan motor selanjutnya juga penting, yakni celana. Celana berfungsi melindungi bagian kaki mulai dari mata kaki hingga pinggang.

Pemilihan celana yang pas saat melakukan Touring sangat diperlukan. Pasalnya, jika Anda berkendara dengan menggunakan celana yang sempit akan dapat mengganggu kenyamanan Anda dalam berkendara.

Selain itu, posisi dalam berkendara pun akan menjadi serba salah hanya karena Anda salah menggunakan celana. Hal seperti ini akan mempengaruhi konsentrasi Anda dalam berkendara.

4. Sepatu

Sepatu dinilai dapat melindungi kaki Anda dalam berkendara. Pentingnya menggunakan sepatu ini pun perlu diperhatikan dengan baik dan jangan anggap sepele masalah menggunakan sepatu.

 Sepatu Safety

Pilihlah jenis sepatu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, untuk Touring, jenis sepatu yang cocok adalah sepatu bot anti air dengan kualitas yang baik tentunya.

Kemudian, carilah sepatu yang pas dengan ukuran kaki Anda dan pikirkan seberapa berat sepatu tersebut, jika terlalu berat sebaiknya pilihlah sepatu yang ringan dan nyaman.

5. Sarung Tangan

Banyak pengendara yang tidak memperdulikan dengan penggunaan sarung tangan dalam berkendara. Sepele mungkin, tapi sarung tangan ini dapat melindungi tangan Anda dari ancaman yang ada di jalan apalagi saat sedang Touring.

Sarung tangan

Untuk itu, diperlukan pemilihan yang tepat dalam menentukan sarung tangan yang pas dengan tangan Anda. Pastikan sarung tangan yang Anda pilih memungkinkan Anda untuk mengoperasikan kontrol laju sepeda motor dengan mulus tanpa hambatan.

Bagaimanapun, dalam mengendarai sepeda motor Anda akan menghadapi berbagai rintangan seperti cuaca ekstrim dan kondisi jalan yang buruk. Untuk itu selalu utamakan keselamatan dan kenyamanan Anda dalam berkendara agar terhindar dari ancaman yang bisa saja terjadi pada Anda terlebih saat sedang berkendara.

1
3

Berita Terkait

motor

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini