nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asal Usul Harley Davidson Ciptakan Motor Roda Tiga

Ilham Satria Fikriansyah, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 13:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 12 53 2103883 asal-usul-harley-davidson-ciptakan-motor-roda-tiga-4QJF08msiV.jpg Harley Davidson roda tiga (foto: Rideapart)

JAKARTA - Harley Davidson merupakan salah satu pionir dalam industri otomotif, khususnya dalam mengembangkan kendaraan bermotor. Produsen asal Amerika Serikat tersebut sudah meluncurkan puluhan motor sejak pertama kali didirikan.

Salah satu varian motor yang dimiliki oleh Harley Davidson ialah trikes brike atau yang dikenal sebagai motor beroda tiga.

 Harley roda tiga

Namun terdapat juga beberapa modifikator yang mengembangkan motor Harley Davidson dengan menggunakan tiga roda pada bagian belakang motor. Terlepas dari semua itu, bagaimana asal usul Harley Davidson menciptakan motor beroda tiga?

Semua berawal pada tahun 1932, saat itu Harley Davidson sedang dalam tahap pengembangan dan pengenalan motornya ke masyarakat. Agar dapat meningkatkan penjualan serta memperluas produknya, Harley Davidson kemudian mengembangkan sepeda motor beroda tiga yang disebut "Servi-Car".

Motor Servi-Car pertama yang dibuat oleh Harley Davidson menggunakan mesin flathead seri-R yang digabungkan dengan transmisi tiga kecepatan dan difungsikan melalui tangan.

Pada awalnya motor Servi-Car ini digunakan oleh para dealer mobil, namun ternyata motor Harley Davdison ini mendapat respon positif serta menarik minat masyarakat kala itu.

Harley Davidson memproduksi motor Servi-Car dimulai pada tahun 1932 hingga 1973. Mereka terus melakukan pengembangan pada bagian rem, suspensi dan meningkatkan kinerja mesin.

 Harley roda tiga

Sepanjang era tahun 70an hingga 90an, muncul berbagai perusahaan yang memproduksi berbagai komponen untuk motor Harley Davidson. Salah satunya yakni perusahaan otomotif Lehman Trikes yang memproduksi sepeda motor roda tiga terbesar saat itu.

Lehman Trikes turut membantu Harley dalam membangun beberapa komponen untuk sepeda motor roda tiga milik Harley Davidson.

Kemudian pada tahun 2009, John Lehman pendiri dari perusahaan Lehman Trikes menandatangani perjanjian dengan Harley Davidson untuk menyediakan komponen motor, cat serta pelayanan konversi dalam peluncuran motor Ultra Classic yang berbasis dari Motor Tri Glide Ultra Classic.

 Harley roda tiga

Produksi motor Tri Glide Ultra Classic sempat dilakukan di fasilitas Lehman di Spearfish, South Dakota. Namun saat John Lehman meninggal dunia, produksi motor tersebut kembali ke Harley's York di Pennsylvania, Amerika Serikat.

Hingga saat ini, Harley Davidson menawarkan dua pilihan model motor trikes, yakni Tri Glide Ultra dan Freewheeler. Kedua model ini tidak memiliki kesamaan dengan model lama Servi-Car, Harley menampilkan motor beroda tiga yang lebih modern serta memberikan rasa nyaman saat melakukan perjalanan jauh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini