nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Porsche & Tesla Adu Pamor Kekuatan Mobil Listriknya

Ardimo Harsa, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 20:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 13 52 2104621 porsche-tesla-adu-pamor-kekuatan-mobil-listriknya-fpZnT7Vugt.jpg Mobil listrik Model S (foto: Ist)

NURBURGRING - Persaingan Porsche dan Tesla dalam memperebutkan gelar sedan elektrik tercepat nampaknya akan semakin sengit. Setelah Porsche berhasil memecahkan rekor catatan waktu tercepat untuk mobil elektrik 4 pintu di sirkuit Nurburgring, Jerman. Tesla tampaknya tak mau ketinggalan.

CEO Tesla, Elon Musk melalui Twitternya menyatakan bahwa sebuah sedan Model S telah dikirim ke Nurburgring. Diduga, mobil ini telah disiapkan untuk memecahkan rekor catatan waktu yang dibuat Porsche bulan Agustus lalu.

 Tesla Model S

Dikutip dari Road and Track, upaya pemecahan rekor ini sedianya dilakukan minggu ini. Namun, Elon mengatakan bahwa upaya tersebut akan ditunda dengan alasan keamanan.

Sumber Road and Track kemudian menyebut bahwa Tesla kemungkinan besar akan melakukan pemecahan rekor pada 21 September. Ini terbukti dengan adanya perubahan jadwal sewa Nurburgring pada tanggal tersebut yang menambahkan sesi privat selama 30 menit.

Tesla pun tak main-main untuk memecahkan rekor tersebut. Juara dunia Formula 1 tahun 2016, Nico Rosberg diplot jadi pengemudi mobil ini.

 Porsche Taycan

Model S yang digunakan untuk menjadi yang tercepat di sirkuit sepanjang 20.6 km ini juga bukan Model S standar. Terlihat dari foto yang diambil Carbuzz bahwa Model S ini telah mengalami beberapa modifikasi. Yang paling terlihat adalah fender depan yang lebih lebar, pelek yang lebih lebar dengan ban Michelin Cup 2 R, lip spoiler di belakang, roll cage, dan juga bagian bawah grill yang semakin besar. Modifikasi ini membuatnya semakin terlihat sangar.

Untuk sektor motor listrik, belum diketahui apa modifikasi yang dilakukan. Diduga kuat, Tesla akan menggunakan 3 motor listrik yang nantinya akan dijual di varian “Plaid,” varian yang akan menggantikan Ludicrous sebagai varian Tesla terkencang. Motor listrik ini telah diuji coba di sirkuit Laguna Seca, Amerika Serikat, di mana Model S berhasil menjadi sedan 4 pintu tercepat di sirkuit tersebut dengan waktu 1 menit 36.555 detik, Waktu ini lebih cepat 1 detik dari rekor sebelumnya yang dibuat oleh Jaguar XE SV Project 8.

 Mobil listrik Tesla

Sebagai catatan, Porsche Taycan dengan motor listrik bertenaga 600 hp yang kini memegang rekor Nurburgring untuk sedan 4 pintu elektrik tercepat mencatat waktu 7 menit 42 detik

Yang menarik, Elon juga menyatakan bahwa Model S yang digunakan untuk memecahkan rekor akan menggunakan konfigurasi 7 tempat duduk. Ini berarti Tesla juga memiliki kemungkinan untuk mencatatkan diri sebagai mobil 7 penumpang tercepat, rekor yang sebelumnya dipegang oleh Skoda Kodiak vRS dengan catatan 9 menit 29 detik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini