nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Langkah Pertolongan Pertama saat Terjadi Kecelakaan Motor

Ardimo Harsa, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 19:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 13 53 2104577 langkah-pertolongan-pertama-saat-terjadi-kecelakaan-motor-6eVJiWdJXi.jpg Kecelakaan motor (foto: Ist)

JAKARTA - Kecelakaan di jalan raya khususnya sepeda motor sering terjadi, bahkan dari data Korlantas kecelakaan yang melibatkan sepeda motor terbanyak di Indonesia. Tercatat pada periode Januari – Maret 2019 terdapat 28,256 kasus kecelakaan lalu lintas dan sepeda motor mendominasi sebagai jenis kendaraan yang paling sering mengalami kecelakaan.

Anda tentu sering melihat kecelakaan sepeda motor di perjalanan, baik ketika melakukan perjalanan dari rumah, pulang dari kantor, atau pun ketika tengah melakukan touring. Melakukan pertolongan pertama sesaat setelah kecelakaan dapat menyelamatkan nyawa korban apabila dilakukan secara tepat.

Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan apabila Anda melihat kecelakaan sepeda motor dari situs RideApart:

 kecelakaan sepeda motor

1. Tetap tenang dan fokus

Tetaplah tenang ketika menepikan kendaraan. Anda mungkin ingin menolong korban secepat mungkin, tetapi yang harus diingat adalah kita harus mampu membuat korban tenang sembari menunggu pertolongan lanjutan

2. Hubungi polisi atau rumah sakit terdekat.

Apabila memungkinkan, segera laporkan kecelakaan dan tetaplah terhubung dengan operator. Berikan informasi yang lengkap sehingga polisi atau rumah sakit dapat menghampiri Anda

 Kecelakaan sepeda motor

3. Amankan wilayah sekitar

Sebelum menghampiri korban, Anda harus melakukan sterilisasi tempat kecelakaan. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terlalu banyak orang yang masuk ke dalam wilayah kecelakaan yang dapat menghambat proses pertolongan pertama.

4. Hindari memindahkan korban dari tempat kecelakaan

Kecuali jika korban memang benar-benar dalam bahaya, seperti berada dekat motor yang terbakar ataupun sumber bahaya lain, hindari memindahkan korban dari tempat kejadian. Hal ini dikarenakan korban bisa saja mengalami cedera serius seperti patah tulang atau luka lain yang bisa menjadi lebih serius apabila korban dipindahkan tanpa langkah yang tepat.

 kecelakaan sepeda motor

5. Bicara kepada korban.

Apabila korban dapat berbicara, tanyakan di bagian mana ia mengalami sakit. Berbicara kepada korban dapat membuatnya tetap tenang dan terjaga sembari menunggu pertolongan lain.

6. Hindari melepas helm

Kecuali jika korban tidak sadar, hindari melepas helm dari korban. Melepas helm dari korban dapat menimbulkan atau justru memperparah cedera tulang leher atau tulang belakang. Jika memang harus memberi nafas buatan, mintalah bantuan orang lain untuk menstabilkan korban ketika melepas helm.

 kecelakaan sepeda motor

7. Perhatikan DRABC

Ketika mengecek korban, pastikan untuk selalu memperhatikan 5 hal berikut, yaitu:

- Dangers, apakah Anda atau korban dalam kondisi berbahaya?

- Response, apakah korban dapat merespon Anda?

- Airway, apakah jalur pernapasan korban lancar?

- Breathing, apakah korban bernapas?

- Circulation, apakah denyut nadi korban masih ada?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini