nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trend Kendaraan Listrik, Honda Impor 11 Sepeda Motor Listrik dari Tiongkok

Ilham Satria Fikriansyah, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 19:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 13 53 2104588 trend-kendaraan-listrik-honda-impor-11-sepeda-motor-listrik-dari-tiongkok-TA5BoolhPW.jpg Sepeda motor listrik Honda (foto: Ist)

INDIA -Honda merupakan produsen sepeda motor terbesar di dunia, namun kiprahnya dalam mengembangkan motor listrik harus dimulai dengan mendatangkan 11 model sepeda motor listrik dari Tiongkok.

Langkah ini dilakukan untuk membuka peluang dan mempelajari pasar sepeda motor listrik sebagai tujuan persiapan model serupa yang akan diproduksi Honda.

  Motor listrik Honda

Honda akan menawarkan sebanyak 11 unit motor listrik yang diimpor dari Tiongkok. Kedepannya pihak Honda diperkirakan akan memproduksi produk motor listriknya sendiri agar bisa bersaing di pasar India dengan harga yang kompetitif.

Sebelumnya Honda motorcycle dan Scooter India telah melakukan kerjasama dan menghasilkan konsep skuter listrik PCX yang dipamerkan dalam ajang Auto Expo 2018 lalu di India. Namun harga yang ditawarkan terlalu mahal di pasar India serta jarak tempuh motor yang hanya mencapai 41 km.

 Motor listrik Honda

Sementara itu beberapa kompetitornya telah meluncurkan produk kendaraan listrik, salah satunya yakni Bajaj Auto yang akan memperkenalkan skuter listrik dibawah merek Urbanite. Disisi lain, TVS Motors berencana untuk membuat motor listrik pertamanya pada tahun ini.

Dalam pengembangan kendaraan listrik, Honda motorcycle dan Scooter India telah meluncurkan produk yang memenuhi standar BS-VI pertamanya di pasar otomotif India, yakni Activa 125. Motor ini merupakan versi terbaru dari skuter 125 cc yang mengusung standar emisi BS-VI dengan harga jual mencapai Rp13 juta.

Motor ini mengusung mesin silinder tunggal dengan mesin full injeksi yang dapat menghasilkan tenaga hingga 6,10 kW (8.29 PS) pada 6.500 rpm, hal ini mendapatkan peningkatan yang sebelumnya memiliki tenaga sebesar 6,35 kW (8,63 PS) pada versi BS-IV.

 Motor Listrik Honda

Pihak Honda akan meningkatkan motor dengan mengusung standar emisi BS-VI pada 16 model kendaraan roda duanya, dengan perkiraan Honda akan menerapkan standar tersebut sebelum batas waktu pada 1 April 2020 mendatang.

Sayangnya Astra Honda Motor belum berencana mendatankan sepeda motor listrik ke tanah air, dan tetap mempertahankan PCX listrik yang hingga kini masih disewakan ke perusahaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini